Jawa Pos

PERTARUHAN SATU TRILIUN

-

Manchester United pernah terlempar dari posisi lebih dari 12 klasemen Premier League. Namun, semua terjadi rata-rata saat kompetisi baru memasuki pekan keempat. Tidak sampai matchweek kesembilan seperti musim ini. (ren/c18/bas)

Posisi

13

14 15 16 17

19 20 22

Pekan

Matchweek 3

Matchweek 2 Matchweek 3 Matchweek 4 Matchweek 1 Matchweek 3

Matchweek 1 Matchweek 1 Matchweek 3 Matchweek 2

Musim

2018–2019 2014–2015 2014–2015 2008–2009 2012–2013 2007–2008 2004–2005 1995–1996 1992–1993* 1992–1993*

MANCHESTER, Jawa Pos – Manchester United itu David de Gea. Ya, itulah yang sering menjadi sindiran pandit-pandit dengan De Gea sebagai tumpuan utama United. Tapi, begitu nama Dave –sapaan akrab De Gea– ’’menghilang’,’beban tersebut ada di pundak si manusia satu triliun Harry Maguire.

Banderol EUR 87 juta (Rp 1,37 triliun) Maguire sudah berkontrib­usi dalam membaiknya pertahanan United ketimbang musim lalu. Baru delapan gol yang menembus gawang De Gea dalam delapan matchweek pertama Premier League. Bandingkan dengan matchweek yang sama musim lalu hingga kemasukan 14 gol!

Bedanya, kali ini Maguire berjuang sendirian di Premier League. Tanpa De Gea. Apesnya, kondisi ini terjadi saat big match melawan Liverpool di Old Trafford, Manchester, malam nanti WIB (siaran langsung

TVRI/Mola Web & App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 22.30 WIB).

’’Aku berharap Harry (Maguire) bisa menunjukka­n kelasnya,’’ sebut tactician United Ole Gunnar Solskjaer dalam wawancara kepada MUTV. Bagi Harry, ini menjadi big match ketiganya di Old Trafford setelah mengalahka­n Chelsea (11/8) dan ditahan Arsenal (1/10). ’’Dia semakin menjadi kekuatan utama pertahanan kami,’’ sambung Ole.

Seperti musim lalu, bek yang dijuluki Si Muka Besar semasa membela Leicester

City itu selalu menjadi momok bagi pertahanan The Reds, julukan Liverpool. Tidak hanya membatasi pergerakan Mohamed Salah, Maguire juga membuyarka­n tiga angka Jordan Henderson dkk di kandangnya, Anfield.

Catat, kemenangan saat itu menghentik­an bulan madu Liverpool yang selalu menang di Anfield dalam laga domestik selama tiga bulan. Harapannya, kali ini Maguire pula yang sukses mengakhiri label Liverpool sebagai satu-satunya klub liga elite Eropa yang menyandang rekor selalu menang.

Spesialnya, ini kali pertama dua bek berbandero­l termahal Premier League beradu. Maguire melawan Virgil van Dijk. Di Inggris, Van Dijk merupakan bek tengah termahal kedua dengan nilai EUR 85 juta (Rp 1,34 triliun). Nominal tersebut dikeluarka­n The Reds, julukan Liverpool, saat memboyong Van Dijk dari Southampto­n pada bursa transfer Januari 2018.

Legenda bek United Gary Neville yang kini menjadi pandit 4 231

SkySports ingin Maguire kali ini membuktika­n bahwa dia memang didatangka­n untuk mengopi taktik Liverpool. ’’Salah kalau saya saat ini menyebut tipe Harry berbeda dengan Van Dijk. Tapi, dia punya kesempatan untuk dapat menyamai Van Dijk. Sebab, dia punya kualitas itu. Tinggal bagaimana menunjukka­nnya,’’ ucap Neville.

Peran sebagai pembeda itulah satu-satunya yang belum dilakukan Maguire seperti Van Dijk. Musim ini VvD –inisial Van Dijk– sudah mencatat 1 gol dan 1 assists. Bukan cuma itu. Dari head-to-head teknis kedua pemain di Premier League, Van Dijk lebih bagus daripada Maguire. Kontribusi Van Dijk dalam bertahan lebih bagus ketimbang Maguire. Baik dari sisi jumlah tekel, blok, intersep, maupun rata-rata kesuksesan dalam duel udara musim ini.

Seperti dikutip dari data Daily Mail, selisihnya bahkan cukup jauh. Tekelnya 10 kali lebih banyak Van Dijk. Begitu pula persentase duel suksesnya. Maguire tak lebih dari 70 persen, sedangkan Van Dijk bisa mencapai 73,1 persen. 433

 ?? OLI SCARFF/ AFP PHOTO ?? Harry Maguire
OLI SCARFF/ AFP PHOTO Harry Maguire

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia