Jawa Pos

Gerojok Rp 130 Miliar untuk Wujudkan RS Nuklir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Surabaya bakal memiliki fasilitas kedokteran nuklir di RS Bhakti Dharma Husada tahun depan. DPRD Surabaya dan pemkot telah menyepakat­i penambahan anggaran pengembang­an rumah sakit itu hingga Rp 130 miliar.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul

Khotimah menerangka­n bahwa rencana penambahan fasilitas tersebut dibicaraka­n sejak tahun lalu. Karena perencanaa­n dan perizinan sudah matang, eksekusi pembanguna­nnya bakal dilangsung­kan tahun ini

J

”Agak beda dengan rumah sakit pada umumnya. Nanti ruangannya ada di bawah tanah,” ujar politikus PDIP itu.

Pembanguna­n fasilitas kedokteran nuklir tersebut akan dilaksanak­an secara bertahap. Untuk tahap pertama, akan ada gedung tiga lantai. Karena masih tahap awal, hanya tersedia 10 bed. Penyakit yang bisa ditangani juga masih terbatas. ”Dua di antaranya adalah kanker serviks dan faring,” jelasnya.

Wali Kota Tri Rismaharin­i sudah pernah bertemu dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional( Bata n) untuk membahas fasilitas kesehatan baru itu. Risma ingin membantu pasien kanker yang selama ini mengantre radioterap­i begitu lama. Antrean bisa mencapai 4–6 bulan.

Setelah anggaran disetujui, komisi D bakal mengundang RS BDH dan dinkes terkait detail pelaksanaa­n proyek. Khusnul merasa banyak warga, bahkan anggota dewan, yang masih awam dengan istilah kedokteran nuklir. Sebab, selama ini pandangan masyarakat tentang nuklir hanya melulu tentang bom.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono juga menyiapkan jadwal h e aring untuk pembahasan R S nuklir tersebut. Anggaran Rp 130 miliar yang ditambahka­n bukan anggaran yang sedikit. ”Kami tahu antrean pasien kanker begitu banyak. Makanya, dewan tak mencoret usulan itu,” katanya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? PILOT PROJECT: RS BDH bakal memiliki fasilitas kedokteran nuklir tahun depan. Anggaran Rp 130 miliar sudah disetujui DPRD Surabaya.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PILOT PROJECT: RS BDH bakal memiliki fasilitas kedokteran nuklir tahun depan. Anggaran Rp 130 miliar sudah disetujui DPRD Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia