Jawa Pos

Tunggu PDAM, Proyek Box Culvert Terhenti

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ada anggaran khusus untuk perbaikan dan pemindahan pipa PDAM yang terdampak proyek pemkot. Jumlahnya Rp 22 miliar. Dana tersebut termasuk anggaran untuk meng-cover kerusakan pipa terdampak pemasangan box culvert Sememi. Yakni, sisi timur di Manukan Kulon dan sisi barat di Jalan Kandangan.

’’Dengan adanya anggaran khusus tersebut, kami bisa melakukan penanganan cepat jika ada masalah teknis terkait pipa dan beberapa tindakan antisipati­f lain agar air tetap lancar,” ujar Manajer Humas PDAM Surabaya Adi Nugroho kemarin (19/10). ’’Anggaran tersebut khusus tahun ini saja untuk perbaikan dan pergeseran pipa di seluruh kawasan Surabaya,’’ lanjutnya.

Adi tidak memerinci kebutuhan anggaran perbaikan pipa yang terimbas proyek box culvert Sememi. Sebab, kebutuhan disesuaika­n dengan kondisi lapangan, tingkat kerusakan, dan perbaikan. ’’Banyak pipa yang dibenahi. Termasuk pemasangan pipa sementara berukuran 200– 300 milimeter untuk mendistrib­usikan air ke pelanggan,’’ terangnya. ’’Dengan begitu, distribusi air ke pelanggan tak mampet,’’ imbuhnya.

Pemasangan pipa alternatif tersebut bakal terus dilakukan jika terjadi permasalah­an distribusi air PDAM. ’’Pipa sementara itu ya khusus warga yang terdampak,” tegas Adi.

Berdasar data yang dihimpun, hingga Oktober ini, sekitar 100 pipa PDAM harus dipindah maupun diperbaiki karena terimbas proyek saluran tersebut. Kerusakan pipa saat proyek berlangsun­g disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, perbedaan pemetaan jalur pipa dengan kondisi pipa di lapangan. ’’Hal itu bisa saja terjadi karena pergeseran pipa mengikuti pergeseran tanah dalam waktu yang lama,’’ papar Adi.

Pembenahan pipa terus dilakukan PDAM. ’’Intinya, kami tak ingin distribusi air terganggu,’’ ucapnya. ’’Kalau ada yang rusak, kami cepat ganti, kalau perlu geser, ya geser. Kami juga menempatka­n satu hingga dua petugas yang stand by di tiap-tiap titik sebagai pemantau agar pengerjaan tidak merusak pipa,” lanjutnya.

SURABAYA, Jawa Pos – Progres pembanguna­n box culvert

Sememi sisi barat terhenti sementara. Itu terjadi karena terhalang pipa PDAM berdiamete­r sekitar 150 milimeter yang belum dibongkar hingga kemarin (19/10). Pihak kontraktor masih menunggu tindak lanjut dari PDAM Surya Sembada agar pengerjaan bisa dilanjutka­n.

Sebelumnya pengerjaan sempat tertunda. Sebab, ada pemasangan dobel steel sheet pile

(SSP) sisi utara jalan yang menggunaka­n bracing. Hal itu dilakukan untuk mengantisi­pasi adanya pergerakan tanah di sekitar area proyek. Setelah pemasangan SSP selesai, pengerjaan saluran kembali berlanjut.

Pelaksana proyek box culvert

Sememi sisi barat dari PT Media Cipta Perkasa Riski Sugianto mengatakan, area yang belum terpasang box culvert menyisakan jarak 20–30 meter dari Jembatan Klakah Rejo. ’’Ini sudah tiga hari mandek. Belum bisa meneruskan pengerjaan,” katanya. ’’Selama pipa PDAM belum dipindahka­n, kami tak bisa kerja,’’ lanjutnya.

Manajer Senior Perbaikan PDAM Surya Sembada Nanang Widiatmoko mengungkap­kan, material pipa temporer sudah tiba di lokasi proyek. Tinggal dirakit. ’’Hari ini (20/10) langsung dikerjakan perakitann­ya jika tidak ada kendala,” katanya.

Dia menyebut, pipa lama terletak di samping jembatan. Nantinya, jalur pipa tersebut disambungk­an dengan pipa temporer. Dengan begitu, pasokan air ke warga juga tidak terganggu.

Nanang menargetka­n, pengerjaan perakitan hingga penyambung­an pipa tuntas dalam waktu tiga hari. ’’Pengerjaan box culvert bisa beriringan dengan proses penyambung­an pipa,” jelasnya.

Selain itu, kondisi jalan yang ambles di Jalan Raya Kandangan mulai dibenahi. Badan jalan sisi selatan yang menurun itu diberi urukan pasir dan batu (sirtu). Dengan begitu, ketebalan badan jalan tidak terlalu timpang. ’’Bakal dilapisi dengan agregat A dan diberi semen sebagai finishing. Lalu diaspal,” terangnya. Perbaikan jalan itu baru akan dilakukan setelah pemasangan

box culvert hingga menuju jembatan rampung.

Soal beban jalan, lanjut Riski, kendaraan berat seperti truk masih bisa melintas. ’’Enggak ada masalah. Sudah terpasang

box culvert. Sebelumnya juga sudah diberi pengaman ganda,” pungkasnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? TUNGGU MATERIAL DATANG:
Pengerjaan proyek Box Culvert Sememi terhenti selama tiga hari lantaran menunggu pipa PDAM yang belum dibongkar.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS TUNGGU MATERIAL DATANG: Pengerjaan proyek Box Culvert Sememi terhenti selama tiga hari lantaran menunggu pipa PDAM yang belum dibongkar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia