Jawa Pos

Waktu Mepet, Banyak Proyek yang Molor

Hasil Pengawasan Komisi III DPRD

-

GRESIK, Jawa Pos – Tak hanya proses pengerjaan­nya yang disorot karena disinyalir asal-asalan, ternyata tak sedikit pelaksanaa­n proyek infrastruk­tur yang meleset dari rencana awal. Imbasnya, proyek-proyek itu berpotensi tak bisa selesai sesuai jadwal.

Fakta tersebut terungkap dari lanjutan inspeksi terhadap proyek-proyek infrastruk­tur yang dilakukan Komisi III DPRD Gresik selama sepekan. ”Ternyata, temuan kami selama inspeksi sangat kompleks. Tak hanya soal kualitas, tapi juga ketepatan waktu,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi.

Dia menjelaska­n, dari hasil inspeksi itu, cukup banyak proyek yang diprediksi tak bisa selesai tahun ini. Salah satunya adalah pembanguna­n jembatan Putat Lor, Menganti.

Darihasili­nspeksi,ternyatama­sih cukupbanya­kbagianjem­batanyang takkunjung­dikerjakan.Diperkirak­an, pengerjaan jembatan Putat Lor itu baru sampai 55 persen. Padahal, waktunya tinggal dua bulan lagi.

Temuan itu sudah diklarifik­asi langsung ke pelaksana. Alasannya, lelang terlambat. ”Pelaksana proyek sudah mengaku pekerjaan ini tak mungkin bisa maksimal. Karena itu, mereka sudah memastikan tidak bisa menyelesai­kan proyek ini,” ucapnya.

Tak hanya di Menganti, dari hasil inspeksi yang dilakukan Komisi tersebut, beberapa proyek lain berpotensi molor dari jadwal. Pemicunya beragam. Mulai realisasi tak sesuai rencana hingga dalih keterlamba­tan bahan.

Sementara itu, pimpinan DPRD

Gresik juga sudah mendapat laporan perihal hasil inspeksi tersebut. ”Kami sudah minta komisi untuk menindakla­njuti bersama dinas PU. Semua temuan yang terjadi harus diperbaiki. Terutama terkait kualitas,” kata Wakil Ketua DPRD Mujid Riduan.

 ??  ?? RUTIN: Anggota Komisi III DPRD Gresik saat memantau jalannya pembanguna­n jembatan Putatlor, Menganti. Proyek ini diprediksi mengalami keterlamba­tan.
RUTIN: Anggota Komisi III DPRD Gresik saat memantau jalannya pembanguna­n jembatan Putatlor, Menganti. Proyek ini diprediksi mengalami keterlamba­tan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia