Jawa Pos

Box Culvert Dipasang, Warga Malah Kebanjiran

Jalan Dukuh Bulak Banteng Sekolahan Rusak Parah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masyarakat yang tinggal di Jalan Dukuh Bulak Banteng Sekolahan, Bulak Banteng, protes. Akses yang mereka lewati setiap hari rusak parah serta membahayak­an. Gara-gara ketinggian jalan tak rata, banyak pengendara yang mengalami kecelakaan.

Nasihatin, salah seorang warga, menjelaska­n bahwa sebelumnya, jalan di depan rumahnya cukup mulus. Lantas, kondisinya berubah setelah dipasangi

Dia menilai ada kesalahan dalam konstruksi saluran. ’’Masak salurannya lebih tinggi daripada jalan,’’ ucapnya.

Berdasar pantauan, saat ini memang ada ketimpanga­n antara saluran air dan jalan. Perbedaann­ya mencapai sekitar 15 sentimeter. Kondisi itu membahayak­an pengendara.

Ketimpanga­n permukaan jalan dan saluran juga menimbulka­n problem lain. Air tak bisa masuk ke drainase. Dampaknya, air menggenang di jalan raya. ’’Jadi, box culvert seakan tak berfungsi. Air masuk ke rumah warga karena tak bisa mengalir ke saluran,’’ katanya. Dia mengaku sudah bertanya kapan jalan akan ditinggika­n kepada kontraktor saluran air. Hanya, pihak kontraktor tidak menjawab secara perinci.

Cerita serupa juga disampaika­n Husnul Latih. Lelaki tersebut tak menampik tentang banyaknya kecelakaan di akses sepanjang 400 meter itu. ’’Kebanyakan korbannya pemotor,’’ ujarnya.

Lurah Bulak Banteng Teguh Abadi menuturkan, box culvert dipasang berdasar hasil musrenbang. ’’Jalan Dukuh Bulak Banteng Sekolahan merupakan kawasan rawan banjir. Pemerintah ingin memperlanc­ar aliran air,’’ jelasnya.

Terkait adanya keluhan kerusakan jalan, lanjut dia, hingga kini belum ada aduan resmi dari warga. Namun, dia mengaku sudah mendengarn­ya. Dia menegaskan, ke depan, jalan ditinggika­n. ’’Nanti ada pemavingan lagi. Hanya, jadwalnya belum pasti. Mungkin tahun depan,’’ tuturnya.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? TIMPANG: Saluran air di Dukuh Bulak Banteng Sekolahan dibangun lebih tinggi daripada jalan. Imbasnya, air tak bisa masuk ke drainase.
EKO HENDRI/JAWA POS TIMPANG: Saluran air di Dukuh Bulak Banteng Sekolahan dibangun lebih tinggi daripada jalan. Imbasnya, air tak bisa masuk ke drainase.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia