Jawa Pos

Burger, Puding, sampai Es Krim

Olahan Sayuran Hidroponik dari Kebun Sekolah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Nimas Catur, 11, dengan telaten melayani pembeli kemarin (19/10). Burger racikannya laris terjual. Roti isi sayuran, daging, dan telur tersebut diserbu ratusan siswa SDN Sidotopo Wetan II.

”Ini seladanya masih segar sekali. Baru dipetik,” ujar Nimas, lalu tersenyum. Siswa kelas V SDN Sidotopo Wetan II itu menunjuk kebun di pojok halaman sekolah. Ada lahan kecil yang dipenuhi sayuran yang dikembangk­an melalui metode hidroponik.

Kebun hidroponik SDN Sidotopo Wetan II tersebut dirancang dua tahun terakhir. Jenis tanamannya cukup banyak. Sebagian sayuran dipanen bersama-sama warga sekolah kemarin. ’’Namun, kami tak membagikan­nya dalam bentuk sayuran. Hasil berkebun diolah siswa dan guru agar lebih menarik,’’ kata Kepala SDN Sidotopo Wetan II Khoirul Fansuri.

Lelaki itu menyebutka­n bahwa ada beragam makanan dan minuman dari sayuran hidroponik yang dipamerkan siswa.Antaralain,jussawi,pudingdaun kelor,danburgers­elada.Adapulaesk­rim kangkungya­ngrasanyat­akkalahnik­mat dengan es krim pada umumnya.

Makanan-makanan itu menggoda selera. Bukan hanya para siswa, orang tua murid pun ikut mencicipi. Mereka ramai-ramai membeli jajanan yang dipamerkan di halaman sekolah itu.

Khoirul menjelaska­n bahwa bazar makanan itu diadakan untuk beberapa tujuan. Selain mengenalka­n pendidikan berkebun, sekolah ingin mendorong siswa untuk kreatif berwirausa­ha. Anak-anak diajak berinovasi dalam mengolah sayuran. ’’Di sekolah kami, kegiatan berkebun dengan hidroponik sudah ditetapkan jadi ekstrakuri­kuler. Senang melihat antusiasme siswa,’’ ungkapnya. box culvert.

 ??  ??
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PENCEGAHAN: Petugas DKRTH dan dishub melakukan perantinga­n di Ampel.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PENCEGAHAN: Petugas DKRTH dan dishub melakukan perantinga­n di Ampel.
 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? LARIS: Burger dengan selada hidroponik hasil panen SDN Sidotopo Wetan II.
EKO HENDRI/JAWA POS LARIS: Burger dengan selada hidroponik hasil panen SDN Sidotopo Wetan II.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia