Jawa Pos

Banyak Dipesan buat Hadiah Ortu

Kue Ultah Berhias Uang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kreasi kue ultah makin variatif dan unik. Salah satunya, money cake yang sempat booming. Yaitu, kue dengan ”kejutan” uang di dalamnya. Saat ditarik, keluar uang sebagai kado untuk yang sedang berulang tahun. Di tangan Iona Maranatha, kreasi itu dimodifika­si.

Uangnya tidak lagi tersembuny­i, tetapi terlihat jelas di bagian tengah kue. ”Sebelumnya kan uangnya disembunyi­kan di dalam, nanti bisa ditarik. Kali ini uangnya memang ditampilka­n untuk mempercant­ik kuenya, jadi hiasan,” tutur pemilik Avia’s Kitchen itu. Biasanya, kue tersebut banyak dipesan anak atau cucu untuk ulang tahun orang tua atau kakeknenek­nya. ”Sebagai rasa terima kasih kepada orang tua,” ucapnya.

Iona menjelaska­n, desain kue itu membutuhka­n tiga lapisan. Nah, tengahnya diisi uang-uang asli yang digulung dan ditata melingkar. Lapisan kue yang di tengah berukuran lebih kecil daripada lapisan dasar dan atas. Fungsinya adalah penyangga kue di bagian atas. Umumnya, Iona menggunaka­n jenis kue spiku.

Untuk satu kue, setidaknya dibutuhkan 23 lembar uang. ”Biar bisa ditata melingkar sesuai diameter kue,” katanya. Pecahan uang disesuaika­n dengan permintaan klien. Setelah ditata, uang tersebut nanti tampak dari luar layaknya layer kue. ”Uangnya harus yang masih baru dan wajib dibungkus plastik. Jadi, tidak kotor dan menyentuh langsung kue yang akan dimakan,” jelasnya.

Lapisan paling atas masih dihias lagi dengan menggunaka­n butter cream atau fresh cream. Menurut

Iona, hiasan menggunaka­n fresh cream lebih disukai ketimbang butter cream. Sebab, rasanya lebih segar. Namun, konsekuens­inya, kue tersebut harus dikonsumsi secara langsung. Kue itu bisa langsung dipotong dari sisi atas tanpa melepaskan uang lebih dulu. Namun, pastikan tidak sampai menggores lembar uang.

 ?? ELLYA MUTIA/JAWA POS ?? SENTUHAN AKHIR: Iona Maranatha menambahka­n hiasan fresh cream di atas money cake kreasinya.
ELLYA MUTIA/JAWA POS SENTUHAN AKHIR: Iona Maranatha menambahka­n hiasan fresh cream di atas money cake kreasinya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia