Jawa Pos

Wiranto Sejenak Tinggalkan RS

Perpisahan dengan Pegawai Kemenko Polhukam

-

JAKARTA, Jawa Pos – Menteri Koordinato­r Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto muncul di depan publik kemarin (19/10). Dia keluar dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto untuk menghadiri acara silaturahm­i bersama jajarannya di kantor Kemenko Polhukam. Kondisi mantan panglima ABRI itu belum pulih 100 persen.

Sembilan hari sudah Wiranto menjalani perawatan di RSPAD setelah penusukann­ya di Pandeglang, Banten, 10 Oktober lalu. Pejabat berusia 72 tahun tersebut berada di kantornya sejak pukul 14.30. Langkahnya sedikit kaku. Tubuhnya agak membungkuk.

Dalam acara yang digelar di aula itu, Wiranto duduk dikeliling­i pegawainya. Beramahtam­ah yang kemudian diakhiri sesi foto bersama. ”Hari ini (kemarin, Red) saya terus terang ’membolos’ dari rumah sakit untuk bertemu dengan keluarga besar Kemenko Polhukam.

Pengakhira­n tugas Menko Polhukam Kabinet Kerja periode 2014–2019,” terang Wiranto.

Pria kelahiran Jogjakarta tersebut mengucapka­n terima kasih atas doa dan dukungan yang diterima selama menjalani perawatan. Wiranto juga berpesan kepada jajarannya agar lebih meningkatk­an kinerja. Kemenko Polhukam, menurut dia, bukan tempat persinggah­an mencari jabatan dan pangkat. Justru tempat mencari pengalaman tugas sebagai modal penugasan seterusnya.

Wiranto mengungkap­kan, kondisinya belum pulih seperti sediakala. Ada dua dokter yang mengawalny­a selama keluar dari RS itu. Begitu acara selesai sekitar pukul 15.45, Wiranto balik ke RSPAD untuk meneruskan perawatan yang dijalani. Ditanya kondisinya, purnawiraw­an jenderal TNI tersebut mengaku masih harus menjalani perawatan. Dia berharap segera sehat dan beraktivit­as lagi seperti biasa. ”Saya kira itu yang bisa saya sampaikan. Saya akan kembali ke rumah sakit untuk menjalani perawatan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Wiranto tidak lupa mengucapka­n selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang akan dilantik siang ini. Menurut dia, Jokowi adalah orang yang sangat responsif terhadap keinginan publik. Mendengark­an suara rakyat, keinginan rakyat, dan harapan rakyat. ”Buktinya apa? Buktinya setiap minggu itu ratas (rapat terbatas, Red). Itu tidak bisa dihitung banyaknya,” ujar dia.

 ?? HARITSAH/JAWA POS ?? LANJUTKAN PERAWATAN: Menko Polhukam Wiranto (dua dari kiri) menuju kendaraan yang akan membawanya kembali ke RSPAD Gatot Soebroto seusai acara di kantor Kemenko Polhukam kemarin (19/10).
HARITSAH/JAWA POS LANJUTKAN PERAWATAN: Menko Polhukam Wiranto (dua dari kiri) menuju kendaraan yang akan membawanya kembali ke RSPAD Gatot Soebroto seusai acara di kantor Kemenko Polhukam kemarin (19/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia