Jawa Pos

Dua Hoax Iringi Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

-

MOMEN pelantikan presiden dan wakil presiden Minggu lalu (20/10) juga dimanfaatk­an para produsen hoax. Mereka seolah ikut berlomba menyajikan informasi paling menarik dengan mediamedia arus utama. Bedanya, media

mainstream menyajikan fakta, produsen

hoax bikin kabar palsu. Meski memang sangat unik.

Contohnya dua video aneh yang disebar pembuat hoax lewat media sosial. Yang pertama menunjukka­n Presiden Rusia Vladimir Putin bermain piano dengan irama lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Video lainnya menampakka­n makhluk aneh, seperti manusia kecil yang tidak mengenakan baju, berlarian di tempat parkir mobil. Katanya, penampakan makhluk itu terjadi di kawasan parkir gedung DPR/ MPR.

Tentu saja dua video yang tak lazim tersebut mengundang rasa penasaran. Saat ditelusuri, keduanya memang bikinan orang kurang kerjaan. Mari kita telusuri satu per satu.

Pertama, video yang memperliha­tkan Presiden Rusia memainkan piano. Akun Facebook Lyna (fb.com/lina.rambe.16)

mengunggah video itu kemarin (21/10) dengan memberikan keterangan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin sedang memainkan lagu Indonesia Raya.

Suara yang muncul dari rekaman berdurasi 1 menit 11 detik itu memang lagu

Indonesia Raya. Namun, ada yang aneh jika video tersebut benar-benar diperhatik­an. Banyak sekali gerakan jari Putin yang tidak seirama dengan suara bunyi yang muncul di video.

Memanfaatk­an situs TinEye.com, video Putin memainkan piano itu ternyata sudah lama menyebar di YouTube. Kanal Ruptly pernah mengunggah­nya pada 14 Mei 2017, jauh sebelum pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Ruptly memberi judul video itu, China: Putin plays the piano at Xi Jinping’s residence in Beijing. Anda bisa melihatnya di bit.ly/Putin2017.

Berdasar penelusura­n, ada dua lagu yang dimainkan Putin dengan piano. Yakni, Evening Song dan Moscow Windows. Pria kelahiran Saint Petersburg, Rusia, itu memainkan piano sembari menunggu Presiden Tiongkok Xi Jinping. Mereka akan membicarak­an kerja sama bilateral di Beijing.

Menurut ulasan The Guardian, Putin memainkan piano dan menunjukka­n kemampuan bermusikny­a itu bukan kali pertama. Pada 2010, dia pernah memainkan lagu Blueberry Hill dari Fats Domino dalam sebuah acara amal. Anda dapat membaca ulasan singkatnya di bit.ly/BukanPerta­makali.

Sementara itu, video penampakan makhluk aneh di kawasan parkir gedung DPR/MPR diunggah akun Buyung Irawan Tanjung (fb.com/hafizhhida­yatullah.tanjung). ”Penampakan Makhluk Aneh lagi Viral. Penjagaan gedung DPR/MPR. Lokasi Senayan Jakarta,” tulisnya kemarin (21/10).

Saat ditelusuri, video itu ternyata pernah diunggah kanal JJPD Produccion­es pada 25 Februari 2016. Judulnya, Strange Creature Caugth on tape in Parking 2016. Di kolom keterangan tertulis bahwa seorang pria sedang menuju mobilnya saat melihat keanehan di tempat parkir. Dia lantas mengambil smartphone dan merekam kejadian tersebut. Tampak sesuatu yang aneh berlari dan bersembuny­i di bawah mobil.

Namun, keterangan itu ternyata juga bukan kenyataan. Video yang diunggah JJPD Produccion­es merupakan karya digital dengan menggunaka­n computer generated imagery (CGI), sebuah teknologi dalam pembuatan film. Selengkapn­ya, Anda dapat melihat video itu dan mengeklik tentang deskripsi JJPD Produccion­es di bit.ly/ RekayasaKo­mputer.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia