Jawa Pos

Akibat Struktur Tulang Hidung Bengkok

-

BEAUTY vlogger Rachel Goddard punya pengalaman dengan rhinosinus­itis. Mulanya, YouTuber dengan lebih dari 2 juta subscriber

itu menyangka hanya terserang pilek biasa. Bersin-bersin, hidung berair, dan tersumbat. Namun, hal itu dirasakan untuk waktu yang lama. Bisa sampai tiga bulan.

Gejala lain kerap muncul pagi saat cuaca dingin. Rachel sering bersin-bersin. Saat berdandan, hidungnya juga kerap mengeluark­an cairan meski tak sedang pilek. Suaranya pun sering tiba-tiba terdengar sengau.

Sensasi di sekitar hidung pun berbeda dengan pilek biasa. Hidung terasa lebih penuh dan menyesakka­n. ’’Kalau lagi pilek dan kepala nunduk,

itu rasanya pusing banget dan sakit. Kayak ditusuktus­uk gitu di sekitar hidung dan kepala,’’ urainya.

Akhirnya, dia berusaha mencari tahu penyebab pilek berkepanja­ngannya itu. Dari informasi yang didapat di rumah sakit di Jakarta dan Inggris, penyebabny­a adalah struktur tulang hidungnya yang bengkok. Dia sudah tahu hidungnya bengkok, tapi enggan melakukan operasi. ’’Aku nggak mau karena I still love my nose. Lagian masak dikit-dikit operasi, kan mahal,’’ kata Rachel.

Dari konsultasi di Inggris, dia disarankan untuk operasi hidung. Rachel akhirnya mau. Sebab, ini bukan perkara penampilan atau estetika saja. Melainkan soal kesehatan hidungnya. ’’Itu udah satu-satunya jalan,’’ tegas dia.

Operasi hidung dilakukan di Korea Selatan barubaru ini. Dia menjalani beberapa treatment. Yakni, pelurusan tulang hidung, pengambila­n sinus, dan pembentuka­n hidung agar lebih proporsion­al. Semuanya memakan waktu tiga jam.

Untuk penyembuha­n pascaopera­si, dibutuhkan waktu seminggu. Selama itu, dia harus menjaga agar bekas operasi tidak terkena air. Namun, beberapa hari sesudah itu, dia mengalami pendarahan di hidung. ’’Aku bersin, tapi terlalu keras. Nah, hidung aku kan baru operasi,’’ katanya. Untung, Rachel hanya perlu berobat ke dokter

THT di Jakarta. ’’Sekarang sudah baikan,’’ ujarnya mantap.

 ?? IMAM HUSEIN/ JAWA POS ?? RACHEL GODDARD
IMAM HUSEIN/ JAWA POS RACHEL GODDARD

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia