Jawa Pos

Kembangkan Mikrofon untuk Deteksi Osteoartri­tis

-

Hidung tersumbat. Hidung berair, tapi juga disertai ingus.

Nyeri (bukan pusing atau sakit kepala) di titik-titik sinus di wajah.

Dalam beberapa kasus, nyeri bisa terasa hingga area rahang dan telinga. Jika amat mengganggu, pasien diperboleh­kan mengonsums­i obat penghilang nyeri. Gangguan fungsi penghidu (tidak mampu mencium aroma, aroma terdeteksi samar oleh hidung).

LONDON, Jawa Pos – Teknologi deteksi kesalahan konstruksi bangunan biasa ternyata bisa diterapkan dalam dunia kesehatan. Dalam riset yang dipublikas­ikan di jurnal PLOS One edisi Oktober, tim peneliti dari tiga universita­s Inggris memodifika­si mikrofon mini yang mampu menangkap gelombang bunyi berfrekuen­si tinggi. Alat yang biasa digunakan untuk mendeteksi retakan atau kesalahan struktur dipakai untuk mengetahui adanya kerusakan di persendian lutut.

Penelitian tersebut melibatkan 89 responden lansia yang memiliki nyeri sendi dengan tingkat keparahan beragam. Prof John Goodacre MD dari Lancaster University, salah seorang anggota tim riset, menjelaska­n, teknik itu berpeluang menjadi sarana diagnosis baru. Hingga kini, deteksi osteoartri­tis masih bergantung pada penggunaan sinar X.

’’Penentuan tingkat keparahan nyeri sendi lutut yang ada sekarang masih kasar. Hasilnya pun sering kali berubah,’’ ungkapnya sebagaiman­a dikutip BBC.

Goodacre menjelaska­n, suara gemeretak dari lutut yang ditangkap mikrofon bisa jadi merupakan salah satu gejala osteoartri­tis. ’’Mikrofon ini lebih sensitif ketimbang sinar X. Dengan demikian, pengobatan bisa lebih pas dengan keluhan pasien,’’ ungkap pengajar Lancaster Medical School itu.

Dia menjelaska­n, penemuan tersebut juga bisa dikembangk­an lebih lanjut untuk alat diagnostik guna menghindar­i cedera dan memantau hasil pengobatan. Menurut Goodacre, teknologi analisis frekuensi tinggi itu belum diujicobak­an di sendi bagian lain seperti pinggul atau tangan.

 ?? LANCASTER UNIVERSITY VIA BBC ?? SASAR NYERI: Paramedis memasang mikrofon yang dikembangk­an untuk mengetahui tingkat keparahan osteoartri­tis.
LANCASTER UNIVERSITY VIA BBC SASAR NYERI: Paramedis memasang mikrofon yang dikembangk­an untuk mengetahui tingkat keparahan osteoartri­tis.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia