Jawa Pos

Mahasiswa Ba.ICT Rayakan Kelulusan

Dari Swinburne University of Technology

-

DI era revolusi industri 4.0, kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi akan semakin tinggi. Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi pun berlomba-lomba menarik para IT profession­al yang kompeten untuk bergabung dalam organisasi­nya.

Karena itu, banyak mahasiswa yang bercita-cita bisa kuliah di jurusan teknologi informasi. Salah satu negara destinasi favorit untuk menimba ilmu di bidang teknologi informasi adalah Australia. Yang menjadi kendala utama mereka adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang tinggi di Australia.

Sejak 2001, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) bekerja sama dengan Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia. Mahasiswa yang ingin berkuliah di Australia bisa menempuh pendidikan selama 2 tahun di ISTTS dan melanjutka­nnya di Swinburne University of Technology selama 1,5 tahun.

Tahun depan, genap 20 angkatan yang mengambil program tersebut. Beberapa waktu lalu, mahasiswa merayakan kelulusann­ya dari Swinburne University of Technology. Mereka menyandang gelar Ba.ICT (bachelor of informatio­n and communicat­ion technology) serta siap berkarir di bidang teknologi informasi dengan beragam spesialisa­si, mulai software technology, business systems, systems analysis, network technology, hingga systems management.

Bagi yang ingin memperdala­m ilmu, kesempatan pun masih terbuka untuk meraih gelar master of informatio­n technology. Tentu saja, jika memenuhi syarat-syarat tertentu.

ISTTS yang berdiri sejak 1979 merupakan perguruan tinggi swasta di Kota Surabaya yang unggul di bidang teknologi informasi. Jurusan teknik informatik­a ISTTS dibuka pada 1985. Swinburne University of Technology yang beroperasi sejak 1908 masuk dalam daftar salah satu universita­s terbaik di Australia.

Selain teknologi informasi, ISTTS memiliki prodi S-1 teknik elektro, sistem informasi bisnis, teknik industri, desain komunikasi visual, dan desain produk. Program pascasarja­na (S-2) juga tersedia untuk bidang teknologi informasi.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia