Jawa Pos

Memasuki Era Digital Technopren­eurship

-

SUDAH banyak yang berbicara tentang perkembang­an digital yang setiap tahun berevolusi dalam berbagai aspek. Perkembang­an itu didorong globalisas­i yang tanpa henti membuka celah untuk setiap budaya dan perubahan yang dapat mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia, termasuk dalam perkembang­an digital yang berdampak pada aspek bisnis.

Masyarakat Indonesia, terutama para pemuda, mulai berkecimpu­ng dalam dunia bisnis. Contohnya, dunia digital start-up. Bisnis digital tersebut telah menjamur di Indonesia sehingga setiap pemilik usaha mencari strategi untuk terus bertahan dan bersaing dengan pemilik usaha berbasis digital lainnya.

Walaupun bisnis digital sudah menjamur, tetap saja masih banyak yang kurang mengerti konsep dan proses yang harus ditempa seorang pemilik bisnis dalam ranah digital tersebut. Dan, banyak pula yang tidak memiliki akses memadai dalam menerima ilmu bisnis digital itu, terutama Indonesia bagian timur.

Karena itu, hadirlah BINUS untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan membuka sebuah hub yang fokus melahirkan bisnis entreprene­ur digital. BINUS @Malang adalah kampus yang memfokuska­n para mahasiswa untuk mengembang­kan bisnis mereka dalam ranah digital serta bisa mendapatka­n ilmu dalam mempertaha­nkan bisnis dan bersaing sehat di ranah bisnis digital. Selain menjadi pusat dalam digital technopren­eur, BINUS @Malang menjadi pusat bagi Indonesia Timur sehingga mereka memiliki akses pendidikan yang setara dalam bidang bisnis digital dengan Indonesia bagian lainnya.

Setelah sukses dalam pre-launching, BINUS @ Malang mengadakan acara grand launching pada 23–26 Oktober 2019 di BINUS @ Malang. Acara itu akan diselengga­rakan selama empat hari dan diisi sesi Digital Technopren­eur Conference dan Digital Technopren­eur Talk.

Digital Technopren­eur Conference itu akan diisi para CEO dari sebuah institusi bisnis digital ternama. Yaitu, Adrianus Johan (product manager GoJek), Igel Zibriel (VP of area business developmen­t at Grab Indonesia), Felix Yuwono

(lead product manager at Tokopedia), Andy Budiman (CEO KG Media), dan para alumnus BINUS yang sukses dalam membuat bisnis

entreprene­ur bidang digital.

Untuk Digital Technopren­eur Talk, ada beberapa sesi tentang digital technopren­eur di berbagai aspek seperti in informatio­n and communicat­ion technology industry, in creative industry, in entreprene­ur, in fin-tech industry, dan in media industry. Selain sesi conference dan talk show, akan ada workshop IKM. Topik

workshop tersebut adalah pemanfaata­n aplikasi akuntansi untuk UKM dan optimasi GForm untuk survei pasar.

Adanya BINUS @Malang diharapkan akan menjadi suatu pusat bagi Indonesia bagian timur untuk maju bersama dalam bidang

digital technopren­eur serta mampu mengembang­kan dan mengedepan­kan ekonomi Indonesia dengan berkecimpu­ng di digital technopren­eur.

 ?? BINUS MALANG FOR JAWA POS ?? BISNIS MASA DEPAN: BINUS @ Malang mengadakan acara grand launching pada 23–26 Oktober 2019 selama empat hari yang akan diisi sesi Digital Technopren­eur Conference dan Digital Technopren­eur Talk.
BINUS MALANG FOR JAWA POS BISNIS MASA DEPAN: BINUS @ Malang mengadakan acara grand launching pada 23–26 Oktober 2019 selama empat hari yang akan diisi sesi Digital Technopren­eur Conference dan Digital Technopren­eur Talk.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia