Jawa Pos

Angin dan Api Mengamuk di Jatim

Hutan Terbakar, Puting Beliung Hancurkan Bangunan

-

– Beberapa wilayah hutan dan pegunungan di Pulau Jawa terbakar hebat. Jawa Timur mengalami kondisi terparah, terutama di kawasan Gunung Arjuna-Welirang.

Skala kemudahan terbakar atau Fine Fuel Moisture Code yang ditampilka­n di laman BMKG menunjukka­n, separo wilayah selatan Indonesia terpapar kode merah atau sangat mudah terbakar. Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dinyatakan sepenuhnya dalam kode merah.

Data dari Kementeria­n Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB), setidaknya 5 kawasan hutan di Jawa Timur, 1 di Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta 5 blok di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon mengalami kebakaran.

Kebakaran disertai puting beliung setidaknya terjadi di dua titik. Yakni, kawasan Gunung Rante, Banyuwangi. Kobaran api mendekat ke pos jalur pendakian Paltuding.

Kondisi terparah terjadi di kawasan Gunung Arjuna-Welirang. Kondisi angin kencang ini juga menghalang­i upaya pemadaman dari udara. Guncangan helikopter karena perubahan kecepatan udara dalam waktu singkat menghalang­i operasi pemadaman karhutla di kawasan Gunung Arjuno-Welirang pada Senin pagi (21/10). ”Helikopter jenis MI-8 akhirnya kembali ke landasan di Lanud TNI-AU Abdulrachm­an Saleh, Malang, Jawa Timur,” kata Kapusdatin dan Humas BNPB Agus Wibowo kemarin.

Agus mengatakan, angin kencang membahayak­an operasi ”pengeboman” di beberapa titik karhutla. Titik tersebut berada di kawasan Maha Pena, Watu Bagong, dan Curah Sriti. Berdasar laporan Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, angin bertiup dengan kecepatan 25 knot. Padahal, kecepatan aman untuk penerbanga­n adalah 10 knot. ”Hingga siang angin masih cukup kencang sehingga operasi pengeboman dihentikan. BPBD akan melanjutka­n operasi pengeboman besok (hari ini, 22/10, Red) pukul 06.00 WIB,” lanjut Agus.

Angin kencang di sekitar kawasan Arjuna-Welirang juga mengamuk di permukiman warga di kawasan wisata Kota Batu, Malang. Tepatnya di Desa Sumberbran­tas, Kecamatan

Bumiaji. Angin ribut bertiup sejak Sabtu (19/10) sekitar pukul 23.30 WIB hingga Minggu (20/10). Peristiwa tersebut mengakibat­kan satu warga atas nama Sodiq meninggal dunia. Sejumlah orang mengalami luka-luka dan mengalami gangguan saluran pernapasan.

Selain melumpuhka­n hampir seluruh wilayah Desa Sumberbran­tas, angin kencang merusak sedikitnya 20 rumah, fasilitas umum, jaringan komunikasi, dan jaringan listrik di Desa Sumbergond­o.

Agus mengatakan, berdasar laporan BPBD Kota Batu, banyak pohon yang tumbang sehingga mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan dan fasilitas umum.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu yang dibantu personel TNI-Polri memutuskan untuk mengevakua­si seluruh warga yang berada di Desa Sumberbran­tas, menutup jalur lalu lintas Kota Batu menuju Kabupaten Mojokerto via jalur Cangar. Warga juga dilaporkan mengungsi di sejumlah titik. Di antaranya, posko PB BPBD Kota Batu 379 jiwa, rumah dinas wali kota 122 jiwa, Balai Desa Punten 530 jiwa, Balai Desa Tulungrejo 40 jiwa, SDN 1 Punten 173 jiwa, Balai Desa Sidomulyo 7 jiwa, dan kantor Kelurahan Songgokert­o 19 jiwa. ”Sedangkan posko lain yang sedang dipersiapk­an adalah posko Kelurahan Sisir, posko GOR Ganesa, posko Balai Desa Sumbergond­o, dan sekretaria­t PGRI,” jelas Agus.

 ?? RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? SULIT DIPADAMKAN: Angin kencang membuat kebakaran kawasan Merapi Ungup-Ungup meluas. Foto diambil pukul 19.00 tadi malam.
RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI SULIT DIPADAMKAN: Angin kencang membuat kebakaran kawasan Merapi Ungup-Ungup meluas. Foto diambil pukul 19.00 tadi malam.
 ?? RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG ?? TANGGAP: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meninjau pengungsi di Balai Desa Punten, Batu.
RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG TANGGAP: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meninjau pengungsi di Balai Desa Punten, Batu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia