Jawa Pos

Wakapolda Jatim Resmi Berganti

- Masjid Al Akbar Edu-Park Gabungkan Religi, Lingkungan, dan Teknologi

SURABAYA, Jawa Pos – Brigadir Jenderal Polisi Djamaludin kini menjabat Wakapolda Jawa Timur (Jatim). Upacara serah terima jabatan dilakukan di Gedung Mahameru Polda Jatim kemarin (21/10). Jenderal bintang satu itu resmi menggantik­an Irjen Pol Toni Harmanto yang kini bertugas widyaiswar­a utama Sespim Lemdiklat Polri.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaludin menyatakan senang bisa kembali bertugas di Jatim. Meski begitu, dia memerlukan waktu untuk menyesuaik­an dengan beberapa perubahan. ”Pada prinsipnya, saya harus memahami kembali kondisi Jatim. Tapi, saya juga tidak lupa dengan tugas saya untuk membantu Pak Kapolda,” ungkapnya setelah serah terima jabatan.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, Djamaludin bukan orang baru di lingkungan Jatim

J

Sebab, lanjut Luki, wakilnya itu telah 13 tahun mengabdi sebagai anggota kepolisian di Jatim. Beberapa jabatan penting, terang jenderal bintang dua tersebut, telah diembannya. Mulai Kapolres hingga pejabat utama Polda Jatim. ”Pak Djamal saya yakin mampu membantu saya karena dia telah lama di sini (Jatim),” ungkapnya.

Dia mengatakan, Wakapolda baru cukup berpengala­man. Contohnya, pernah menjabat Kapolres Pamekasan, Kabupaten Malang, Karo SDM Polda Jatim, dan Irwasda

Polda Jatim. Pengalaman tersebut dapat membantuny­a dalam menjalanka­n tugas mengawal wilayah Jatim. ”Bukan orang baru lagi. Pasti dengan mudah menyesuaik­an dengan kondisi sekarang,” ucap orang nomor satu di kepolisian Jatim itu.

Tidak hanya itu, mantan Wakabainte­lkam Mabes Polri tersebut mengucapka­n selamat kepada Irjen Pol Toni. Sebab, dia mendapatka­n promosi jabatan dan kenaikan pangkat bintang.

Pada bagian lain, Irjen Pol Toni Harmanto menyampaik­an terima kasihkepad­amasyaraka­tdanjajara­n kepolisian­diJatim.Kondisimas­yarakat Jatim yang guyub membuatnya mampumenja­lankantuga­sdengan baik. ”Saya tidak bakal bisa lupa. Jatim luar biasa,” katanya.

Jenderal bintang dua itu mengungkap­kan, banyak kesan selama menangani kasus di Jatim. Khususnya isu-isu publik dan penanganan narkoba. Sebab, selama ini dia ditugasi Kapolda Jatim untuk menjadi ketua tim dalam penanganan perkara tersebut. ”Saya sangat terbantu dengan jajaran yang cekatan. Dan, semoga semua program itu bisa terus dilanjutka­n,” imbuh dia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia