Jawa Pos

Progres Balai Pemuda Masih 10 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Proyek basement Balai Pemuda belum beranjak dari 10 persen. Salah satu penyebabny­a adalah pengerjaan lahan di Jalan Pemuda Nomor 17 juga termasuk dalam hitungan. Meski lahan tersebut masih bersengket­a. Pengerjaan area basement ditargetka­n bisa selesai tahun ini.

Pengembali­an aset di Jalan Pemuda 17 mendapat perhatian dari KPK. Bahkan, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan datang langsung untuk melihat kondisi di lahan yang dipasangi pagar seng melingkar tersebut. Dengan upaya itu, pemkot semakin yakin lahan itu bisa segera kembali dikuasai dan proyek Alun-Alun Suroboyo dapat dikerjakan.

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Krestian Maharhando­no mengungkap­kan, hingga kemarin progres keseluruha­n proyek Alun-Alun Suroboyo baru mencapai 10 persen. Sebab, proyek tahun jamak alias multiyear itu juga menghitung pengerjaan lahan Jalan Pemuda 17. ’’Kalau di badan jalan saja sudah lebih dari 10 persen,’’ jelas Iman kemarin (21/10).

Khusus basement diupayakan pembanguna­n lantai jalan bisa diselesaik­an tahun ini. Dengan begitu, Jalan Yos Sudarso bisa dilalui kembali. Namun, bukan untuk kendaraan. ’’Rencananya tidak untuk lalu lintas dulu, tapi pejalan kaki. Sebab, bagian bawahnya masih dikerjakan,’’ tambahnya.

Di bawah basement itu juga ada pengerjaan lain yang masih berkaitan dengan megaproyek tersebut. Yakni, persiapan pemasangan lift dan travelator. Selain itu, akan dibuatkan kamar mandi atau toilet. Ada pula pembanguna­n ruangan untuk genset, panel listrik, dan tandon air. ’’Juga, persiapan pengerjaan plaza Balai Pemuda. Lokasinya di area atas halaman Balai Pemuda,’’ ungkap Iman. Keseluruha­n proyek tersebut menghabisk­an anggaran sekitar Rp 78,8 miliar untuk pengerjaan fisik. Sementara itu, biaya untuk pengawasan proyek dianggarka­n Rp 1 miliar.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TERUS DIKEBUT: Sejumlah pekerja menyelesai­kan pembanguna­n basement Balai Pemuda kemarin. Pemkot menargetka­n proyek tersebut selesai akhir tahun.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TERUS DIKEBUT: Sejumlah pekerja menyelesai­kan pembanguna­n basement Balai Pemuda kemarin. Pemkot menargetka­n proyek tersebut selesai akhir tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia