Jawa Pos

Bangun 4 Gedung Park and Ride Tahun Depan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah park and ride bakal bertambah. Dinas perhubunga­n (dishub) akan membangun empat gedung lagi pada 2020. Rencananya, setiap gedung diintegras­ikan dalam satu trayek.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dishub Surabaya Ridlo Noor Wahab menyatakan, tahun ini ada tiga gedung park and ride yang masih dalam proses pembanguna­n. Yakni, park and ride Genteng Kali, Kertajaya, dan terminal intermoda Joyoboyo. Ketiganya ditargetka­n selesai akhir tahun ini. ’’Itu semua Desember harus selesai,’’ ujarnya kemarin (21/10).

Ridlo menyatakan, tahun depan memang ada penambahan jumlah gedung park and ride di empat titik. Rancangann­ya sudah dianggarka­n di RAPBD 2020. Namun, anggaran maupun perencanaa­nnya masih di bappeko (badan perencana pembanguna­n kota). Termasuk rencana lokasinya.

Meski demikian, Ridlo memastikan rencana tersebut sudah matang. Sebab, penambahan jumlah

park and ride akan terus dilangsung­kan. Tujuannya, mengurangi parkir tepi jalan yang dinilai membahayak­an pengendara lain. ’’Terutama yang di bahu jalan, itu berbahaya sekali,’’ katanya.

Untuk jangka pendeknya, dishub berencana menggeser parkir on street menjadi parkir off street. Jadi, ada solusi konkret setelah adanya penertiban kendaraan yang parkir ngawur di tepi jalan.

Selain itu, penambahan gedung

park and ride bertujuan untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi. Dalam jangka panjang, masyarakat akan dialihkan untuk menggunaka­n transporta­si umum. ’’Karena pemilik kendaraan yang parkir di gedung park and ride bisa langsung mendapatka­n pelayanan moda transporta­si umum. Itu programnya Suroboyo Bus,’’ jelasnya.

Di sisi lain, Sekretaris Komisi

C Agoeng Prasodjo meminta dishub mengintegr­asikan tiap gedung park and ride. Jadi, gedung satu dengan yang lain saling berhubunga­n.

Integrasi gedung tersebut juga bertujuan untuk memangkas waktu perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena itu, lokasi pembanguna­nnya perlu diperhatik­an. ’’Dilihat tingkat keramaian dan kebutuhan warga, dari dan ke mana tujuan mereka yang paling banyak. Itulah yang harus dipenuhi,’’ tuturnya.

Terkait hal itu, Ridlo menyatakan bahwa tiap titik park and ride memang akan diintegras­ikan. Namun, diperlukan kajian lebih lanjut terkait jumlah armada yang bisa melayani kebutuhan warga dengan trayek yang disediakan. Tidak tertutup kemungkina­n akan ada trayek baru yang menghubung­kan antargedun­g. ’’Yang paling memungkink­an ya Suroboyo Bus,’’ jelasnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? INFRASTRUK­TUR: Proses pembanguna­n park and ride di Jalan Genteng Kali, Surabaya.
DIMAS MAULANA/JAWA POS INFRASTRUK­TUR: Proses pembanguna­n park and ride di Jalan Genteng Kali, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia