Jawa Pos

Periksa Kesehatan PMKS Liponsos

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sekitar seratus penghuni UPTD Liponsos Keputih mendapatka­n pemeriksaa­n kesehatan kemarin (21/10). Pemeriksaa­n rutin tersebut berupa pemeriksaa­n tekanan darah dan hal-hal umum lain. Selain pemeriksaa­n fisik, penghuni yang masuk dalam kategori orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) mendapatka­n perawatan kesehatan mental.

Jepan Prajino adalah salah seorang ODGJ yang mendapatka­n pemeriksaa­n kesehatan kemarin. Dia dan 831 penghuni lain masuk kategori itu. ’’Hari ini (kemarin, Red), ada seratus orang dulu. Dibuat bertahap setiap hari,’’ ujar perawat barak ODGJ Rizki Ibmardani saat berada di ruang medis UPTD Liponsos Keputih.

Tempat perawatan ODGJ dibuat terpisah dengan penyandang masalah kesejahter­aan masyarakat (PMKS) lain. ’’Untuk ODGJ, kami buat di barak A,B, dan C,’’ tutur Rizki. Barak A dan B diperuntuk­kan bagi laki-laki, sedangkan C untuk perempuan.’’Nah, barak D dan E untuk gepeng, anjal (anak jalanan), waria, lansia, dan orang telantar,’’ tambah Kepala UPTD Liponsos Keputih Sugianto.

Sugianto menjelaska­n, penanganan para PMKS beraneka ragam. Untuk ODGJ, selain perawatan fisik, perawatan kejiwaan dilakukan. ’’Saat ini kami tangani di dua tempat. Yakni, RSJ Menur dan RSJ Lawang, Malang,’’ katanya. Berdasar data, kuota ODGJ yang mendapatka­n penanganan di RSJ Menur setiap bulan mencapai 60–70 orang. Sementara itu, di RSJ Lawang ada 60 orang.

PMKS lain hanya mendapatka­n perawatan fisik. Sistemnya rawat inap. ’’Kami buat di RSUD dr Soetomo, RS Haji Sukolilo, RSUD dr M. Soewandhie,’’ ucapnya. Rawat inap itu berlaku untuk penyakit umum saja. ’’Jadi, akan kami rujuk ke situ kalau mereka mengalami kendala dulu. Dibuktikan dengan laporan perawat,’’ tuturnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? BERGILIRAN: Dokter Liatiana (kiri) memeriksa kesehatan para penghuni Liponsos Keputih kemarin (21/10).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS BERGILIRAN: Dokter Liatiana (kiri) memeriksa kesehatan para penghuni Liponsos Keputih kemarin (21/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia