Jawa Pos

Matangkan Full Boarding School

-

SURABAYA, Jawa Pos – Yayasan Ta’mirul Masjid Agung Kemayoran Surabaya (YTMAKS) punya gawe kemarin (21/10). Yayasan yang menaungi sekolah Ta’miriyah itu meluncurka­n metode bilqolam untuk meningkatk­an kemampuan membaca Alquran. Yayasan tersebut juga meluncurka­n Ta’miriyah boarding school alias sekolah berasrama.

Selain dihadiri KH Basori Alwi Murtadho selaku ketua pembina YTMAKS, ada Plt Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Hudiyono dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk Surabaya dan Sidoarjo Sukaryanth­o. Hadir pula Wadir Binmas Polda Jatim AKBP Kamal Bahtiar yang mewakili Kapolda Jatim.

Dalamkesem­patanitu,Hudiyono menekankan pentingnya sinergi pendidikan­agamadanpe­ndidikan umum.Denganbegi­tu,ilmuagama dan ilmu pengetahua­n umum para siswa bisa seimbang. Tak terkecuali penerapan metode bilqolam. Dengan metode tersebut, dia berharap muncul bibit-bibit unggul di kalangan siswa dalam membaca Alquran.

Kemarin, Ketua Pembina YTMAKS KH Basori Alwi Murtadho memandu pembacaan Alquran dengan metode bilqolam. Kepala SMA Ta’miriyah Sucipto menjelaska­n, metode bilqolam merupakan metode mengaji yang dihasilkan Pesantren Ilmu Alquran, Singosari. Metode tersebut dianggap sesuai diterapkan di Taman Pendidikan Ta’miriyah. ’’Akan dijadikan pusat pengajaran mengaji bilqolam,’’ tuturnya.

Sucipto menuturkan, Taman Pendidikan Ta’miriyah sudah merintis boarding school. Yakni, dimulai dengan one day boarding school sejak Maret. ’’Satu hari menginap di sekolah. Mulai Jumat sepulang sekolah sampai Sabtu ashar,’’ terangnya.

Selama boarding, siswa diajari beribadah dan mengaji secara benar. Mereka juga diajari fikih. Untuk SMA, lanjut dia, ditekankan pada hafalan alias tahfiz. Harapannya, selepas SMA, para siswa bisa melanjutka­n perguruan tinggi, antara lain, melalui jalur hafalan Alquran.

Lantas, bagaimana rencana full boarding school? Sucipto menjelaska­n, pelaksanaa­n one day boarding akan dievaluasi. ”Termasuk properti, asrama, dan sebagainya dipersiapk­an lebih dulu,’’ tuturnya. Harapannya, sekolah berasrama penuh bisa terwujud pada 2022. (puj/c13/nor)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? SINERGI PENDIDIKAN: KH Basori Alwi Murtadho memandu pembacaan Alquran dengan metode bilqolam di SMA Ta’miriyah kemarin (21/10).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS SINERGI PENDIDIKAN: KH Basori Alwi Murtadho memandu pembacaan Alquran dengan metode bilqolam di SMA Ta’miriyah kemarin (21/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia