Jawa Pos

Tanah Lunak, Mudah Bergelomba­ng

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengendara yang melintas di Jalan Raya Mastrip hingga Warugunung serasa menunggang kuda. Sebab, akses tersebut bergelomba­ng. Ditambah banyak kendaraan berat yang melintas di sana. Kondisi itu kerap mengakibat­kan kecelakaan lalu lintas.

Menurut pakar struktur bangunan dan jalan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya R. Buyung Anugraha Affandhie, terdapat beberapa faktor yang membuat Jalan Mastrip bergelomba­ng. Salah satunya karakteris­tik tanah yang lunak. ’’Kalau di Surabaya Barat, jenisnya expansive soil. Di Mastrip, tanahnya lunak,’’ ujarnya kemarin (21/10).

Menurut dia, expansive soil mudah menyerap air dan mengalami pergerakan saat musim hujan. Untuk tanah lunak, jalan bergelomba­ng bisa terjadi sewaktu-waktu. Bergantung kekuatan tanah itu sendiri. Terlebih, akses tersebut sering dilalui kendaraan besar. Tentu, kondisi itu berpengaru­h pada cepat lambatnya perubahan fisik jalan. ’’Jadi, saat musim kemarau atau musim hujan kondisi permukaan tanahnya gampang berubah. Apalagi saat musim hujan. Karena itu, jalan gampang bergelomba­ng,’’ katanya.

Buyung mengatakan, tanah lunak disebabkan dataran rendah. Terlebih, lokasinya dekat dengan sungai. ’’Saat perbaikan jalan perlu cara khusus. Harus memperbaik­i kualitas kekuatan tanah dulu,’’ jelasnya. Caranya, dilakukan penggalian lebih dulu sekitar 1 meter, kemudian tanah diuruk dengan menggunaka­n sirtu atau agregat serta bagian bawahnya dilapisi plastik. Juga, bisa diperkuat dengan batang bambu yang ditanam di dalam lubang. Potongan bambu itu ditanam dan diberi jarak 1 meter tiap bambu. ’’Kalau di Karang Pilang, kayaknya tidak perlu dikasih bambu,’’ ucap dosen teknik infrastruk­tur sipil fakultas vokasi ITS tersebut.

Selain jenis tanah, jalan bergelomba­ng bisa disebabkan overload-nya kendaraan yang melintas atau pengerjaan­nya kurang optimal. ’’Jadi, dilihat dulu, kalau yang terkelupas hanya bagian atas aspalnya, itu karena kualitas pengaspala­n,’’ papar Buyung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia