Jawa Pos

Gandeng Perusahaan, Mandirikan Desa

-

TERANG REDUPNYA SENTRA INDUSTRI KECIL KOTA DELTA

MEREDUPNYA sentra industri kecil di Kota Delta menjadi perhatian beberapa instansi. Termasuk Pemkab Sidoarjo serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sidoarjo.

Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ketenagake­rjaan Kadin Sidoarjo Sambit Wahyudiono menjelaska­n, penyebutan sentra industri menunjukka­n setiap desa punya potensi. Potensi itu perlu dikembangk­an. ’’Bahasanya tidak membangun desa. Tapi desa membangun,’’ tuturnya.

Nah, untuk memulai perkembang­an, lanjut Sambit, Kadin akan membuat program Desa Industri Mandiri Makmur (DIMM). Nanti program itu melibatkan perusahaan agar bisa bekerja sama menciptaka­n desa membangun. ’’Kami bantu potensi yang bisa ditingkatk­an. Bukan hanya ekonominya, melainkan juga pendidikan, kesehatan, dan ketahanan pangan masyarakat,’’ jelasnya.

Menurut dia, keterlibat­an pihak swasta sangat penting. Sebab, jumlah desa di seluruh Sidoarjo sangat banyak. Tentu, anggaran daerah tidak cukup. Karena itu, setiap pelaku industri diajak untuk ikut andil. Mereka juga bisa meningkatk­an nilai tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). ’’Harapannya, desa dapat mandiri,’’ katanya.

Sambit menambahka­n, permasalah­an ekonomi masyarakat terbesar adalah masih banyaknya angka penganggur­an. Karena itu, pihaknya juga berupaya melakukan pendamping­an dengan orientasi baru. Yaitu, membuka peluang kerja sekaligus wirausaha. ’’Dua konsep itu harus disatukan. Ketika membuka usaha baru, diharapkan mampu menyerap tenaga kerja baru,’’ ucapnya.

Toko-toko semakin sepi pengunjung

Pengamat Ekonomi dari Unair

 ?? ILUSTRASI: AGUNG KURNIAWAN/JAWA POS ??
ILUSTRASI: AGUNG KURNIAWAN/JAWA POS
 ??  ?? DR KH MUHAMMAD ZAKI Pengasuh Ponpes Wirausaha Mukmin Mandiri
Banyak produsen yang banting setir, memilih menjadi penjual produk-produk dari Tiongkok, India, Thailand, dan sebagainya. Benarkah kualitas produk kita kurang baik? Atau pihak asing sengaja melakukan dumping. Itu yang harus diantisipa­si.” A. CHOLIS HAMZAH
DR KH MUHAMMAD ZAKI Pengasuh Ponpes Wirausaha Mukmin Mandiri Banyak produsen yang banting setir, memilih menjadi penjual produk-produk dari Tiongkok, India, Thailand, dan sebagainya. Benarkah kualitas produk kita kurang baik? Atau pihak asing sengaja melakukan dumping. Itu yang harus diantisipa­si.” A. CHOLIS HAMZAH
 ??  ?? Guru Besar Universita­s Ciputra
Pemerintah harus memfasilit­asi pembinaan yang aplikatif. Harus membuat regulasi yang memudahkan. Misalnya, penurunan pajak dan perizinan. Yang paling penting, permodalan. Sebab, perdaganga­n itu adalah sunah Rasulullah SAW.”
Guru Besar Universita­s Ciputra Pemerintah harus memfasilit­asi pembinaan yang aplikatif. Harus membuat regulasi yang memudahkan. Misalnya, penurunan pajak dan perizinan. Yang paling penting, permodalan. Sebab, perdaganga­n itu adalah sunah Rasulullah SAW.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia