Jawa Pos

Demi Kaki Cantik dan Sehat

-

orang rutin melakukan perawatan tubuh, wajah, dan rambut saja. Jarang yang peduli dengan area kaki. Area yang satu ini kurang diperhatik­an karena lebih sering tertutup oleh sepatu atau sandal. Padahal, kalau tidak dirawat, kaki juga akan mengalami masalahmas­alah yang membuatnya tidak cantik.

1. Garam

Ada garam khusus untuk perawatan kulit yang bentuknya seperti batu kecil. Teksturnya kasar. Garam tersebut dimasukkan ke dalam air hangat. Lalu, rendam kaki dalam air garam selama 15–30 menit. Tujuannya untuk melemaskan kaki agar lebih rileks dan menghilang­kan capek.

2. Scrub

Teksturnya hampir mirip dengan garam. Namun, pemakaiann­ya berbeda. Scrub digosokkan pada kaki secara lembut selama 15 menit. Ada scrub kasar dengan butiran besar. Ada scrub halus dengan butiran kecil. Fungsinya untuk mengangkat jaringan kulit mati dan mempersiap­kan kulit untuk menerima nutrisi pada perawatan selanjutny­a. Selain itu, juga bisa membuat kulit lebih cerah dan lembap.

3. Massage Lotion

Untuk membuat kaki lebih rileks, bisa gunakan massage lotion. Massage lotion bisa diganti dengan body lotion. Sebab, teksturnya akan lebih oily dibanding dengan body butter. Usapkan ke kaki sambil dipijat ringan. Bisa bikin kaki dan tubuh terasa rileks. Apalagi jika menggunaka­n lotion dengan aroma lavender.

4. Masker

Selain wajah, bibir, dan rambut, kaki ternyata butuh dimasker. Oleskan krim khusus masker pada kaki, kemudian bungkus kaki dengan cling wrap agar krim masker yang diberikan bisa diserap lebih cepat.

5. Body Butter

Setelah melakukan masking pada kaki, oleskan body butter agar kaki lebih lembap. Body butter berfungsi untuk menghidras­i kulit dari segala cuaca. Selain itu, bisa sebagai penghilang kapalan di bagian kaki.

6. Cuticle Oil

Jika punya masalah pada kutikula, bisa tambahkan cuticle oil. Kutikula sebaiknya tidak digunting, dipotong, dikikis, atau dihilangka­n begitu saja jika sudah rusak atau mengelupas. Oleskan minyak kutikula lebih dulu agar tidak rawan luka. Minyak kutikula bisa melembapka­n sekaligus menguatkan. (*)

’’ Jangan hanya karena bagian kaki ini jarang dilihat jadi dilupakan dan diabaikan. Kalau dirawat dengan baik, kaki juga akan lebih halus, bersih, dan bebas dari masalahmas­alah seperti kulit kering, pecah-pecah, atau kasar. Jadi, kita juga bisa semakin percaya diri dengan kaki yang sehat kan?”

 ??  ?? Body Butter
Body Butter
 ??  ?? Cuticle Oil
Cuticle Oil
 ??  ?? Garam
Garam
 ??  ?? Scrub
Scrub
 ??  ?? Massage Lotion
Massage Lotion
 ??  ?? Masker
Masker
 ??  ?? KEBANYAKAN
KEBANYAKAN
 ??  ?? Yenny Ekawati Owner Gloss and Glow Premieres
Yenny Ekawati Owner Gloss and Glow Premieres

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia