Jawa Pos

Sinyal Positif Pilkada Pakai APBN

- Jajaran Teknis Pemerintah Setuju, Tinggal Tunggu Regulasi

JAKARTA, Jawa Pos – Angin segar pembiayaan pilkada mulai berembus dari internal pemerintah. Usulan KPU agar pilkada dibiayai APBN mendapat sambutan positif. Meski belum menjadi keputusan resmi, ke depan diharapkan tidak ada kasus daerah yang tidak mampu membiayai pilkada.

Kabar itu disampaika­n Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di KPU kemarin (22/10). Dia menjelaska­n, persetujua­n dari internal pemerintah dilontarka­n dalam rapat pembahasan persiapan pilkada di Kemenko Polhukam pada 21 Oktober 2019. Saat itu jajaran teknis di pemerintah setuju apabila APBN disisihkan sebagian untuk mendanai pilkada.

Memang, lanjut Pramono, saat itu yang hadir bukan pejabat selevel menteri atau Dirjen. Melainkan jajaran teknis karena yang dibahas memang masalah teknis pilkada. ’’Kalau dari jajaran teknis, mereka setuju,’’ terangnya.

Dengan pembiayaan dari APBN, anggaran pilkada akan jauh lebih terstan dardisasi. Juga lebih memberikan kepastian bagi penyelengg­ara dan mampu mengurangi, bahkan menghilang­kan politisasi anggaran.

Pramono menjelaska­n, karena jajaran teknis pemerintah sudah memberikan sinyal positif, pihaknya saat itu memberikan respons. ’’Saya langsung katakan bahwa wacana ini perlu dituangkan dalam revisi Undang-Undang Pilkada ke depan,’’ lanjut mantan ketua Bawaslu Provinsi Banten itu.

Rapat tersebut, tutur Pramono, juga membahas penganggar­an pilkada 2020. Kemenko Polhukam bersama Kemendagri akan turun langsung ke daerah yang kesulitan menganggar­kan penyelengg­araan pilkada 2020. Kemudian, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri bakal kembali memanggil pemda-pemda yang belum menandatan­gani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Pemanggila­n tidak bersamaan seperti sebelumnya, tetapi hanya tiga daerah per hari. Mereka akan diarahkan untuk segera memproses NPHD. ’’Bahkan, kalau diperlukan, akan diarahkan pos-pos mana saja yang bisa ditunda, lalu digeser untuk kepentinga­n pembiayaan pilkada 2020,’’ tambahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia