Jawa Pos

Postur Badan Anggaran Paling Gemuk

-

JAKARTA, Jawa Pos – Susunan alat kelengkapa­n dewan (AKD) diresmikan lewat sidang paripurna DPR kemarin (22/10). Ketua DPR Puan Maharani mengumumka­n bahwa AKD meliputi 11 komisi dan 7 badan plus 1 panitia khusus (pansus). Setiap AKD diisi anggota dengan jumlah yang berbeda-beda.

Pembagian tersebut, jelas Puan, sudah dilakukan melalui sistem proporsion­al. Artinya, pengisian anggota disesuaika­n dengan jumlah anggota per fraksi. ”Ini hasil musyawarah mufakat yang kami lakukan dengan para pimpinan fraksi,” kata Puan seusai memimpin rapat paripurna kemarin.

Di antara 17 AKD, postur badan anggaran (banggar) paling gemuk. Terdiri atas 100 anggota. Dari jumlah anggota banggar itu, paling banyak berasal dari Fraksi PDI Perjuangan, yakni 22 orang. Berikutnya, Partai Golkar 15 anggota, Gerindra 14 orang, serta Nasdem dan PKB masing-masing 10 anggota.

Pembagian komposisi anggota di setiap komisi juga tuntas. Dari 11 komisi, jumlah anggota berkisar 48–56 orang. Jumlah anggota fraksi per komisi pun dibagi secara proporsion­al. PDIP sebagai pemilik kursi terbanyak menempatka­n 11–12 anggotanya.

Partai-partai lain menempatka­n anggotanya di setiap komisi sesuai jatah yang mereka terima berdasar perolehan kursi di DPR. Fraksi Golkar dan Gerindra sama-sama menempatka­n 7–8 anggotanya di tiap komisi. Sementara itu, Nasdem dan PKB punya jatah 5–6 anggota di tiap komisi.

Demokrat dan PKS juga memiliki jatah yang sama, yakni 4–5 anggota di tiap komisi. Berikutnya, PAN menempatka­n empat anggota di setiap komisi, sedangkan PPP hanya punya jatah 1–2 anggota di tiap komisi.

Sidang paripurna kemarin juga mengesahka­n tugas-tugas pimpinan DPR. Tugas Ketua DPR Puan Maharani mencakup semua bidang koordinasi. ’’Saya bertanggun­g jawab atas semua bidang di DPR,” kata Puan.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menjadi koordinato­r bidang politik dan keamanan (Korpolkam). Dia membidangi ruang lingkup tugas komisi I, II, III, badan legislasi, dan badan kerja sama antarparle­men. Wakil ketua DPR lainnya juga kebagian tugas koordinati­f yang membawahka­n sejumlah alat kelengkapa­n dewan (selengkapn­ya lihat grafis).

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? BAGI TUGAS: Ketua DPR Puan Maharani (dua dari kanan) didampingi Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel (kiri), Aziz Syamsuddin, dan Sufmi Dasco Ahmad memimpin sidang paripurna penyusunan alat kelengkapa­n dewan kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS BAGI TUGAS: Ketua DPR Puan Maharani (dua dari kanan) didampingi Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel (kiri), Aziz Syamsuddin, dan Sufmi Dasco Ahmad memimpin sidang paripurna penyusunan alat kelengkapa­n dewan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia