Jawa Pos

Film Fantasi Diklaim Kisah Nyata

-

BEBERAPA waktu lalu beredar video yang memperliha­tkan bayi memiliki sayap. Awalnya, bagian tubuh yang menonjol di punggung itu tampak kecil. Namun, lamakelama­an makin besar dan menjadikan sang bocah bisa terbang. Keterangan yang melengkapi video itu menyebutka­n bahwa bayi bersayap telah lahir dan benar-benar ada.

Kemarin (22/10) video itu disebar ulang oleh akun Facebook

Dilipkumar Ladhani (fb.com/ dilipkumar. ladhani?). ”Baby boy born with wings and can fly,”

tulis Dilipkumar. Video yang sama diunggah lebih dulu oleh akun Jasmin Ooi (fb.com/djasmin.kl) pada 12 September 2019. Jasmin malah menuliskan narasi yang jauh lebih banyak.

”Dengan demikian, ceritera ‘ada manusia’ yg seperti penggambar­an malaikat memang ada sejak dahulu kala. Misalnya manusia yg ada sayap dan bisa terbang,” bunyi salah satu kalimat yang ditulis Jasmin.

Video unggahan akun Dilipkumar dan Jasmin sama-sama berdurasi 3 menit. Bahkan sama-sama menyertaka­n ikon TikTok. Jika diikuti, alur ceritanya seperti trailer film yang akan ditayangka­n di bioskop-bioskop. Meski sangat aneh, kabar itu cukup lama lalu-lalang di media sosial.

Memanfaatk­an situs padanan gambar Yandex.com, beberapa potongan video itu pernah diunggah kanal YouTube Daniele De Angelis pada 1 Oktober 2019. Judulnya, Trailer Ricky. Adegan bayi terbang di sebuah pusat perbelanja­an pada detik ke-55 sama persis dengan video yang dibagikan akun Dilipkumar dan Jasmin. Artinya, adegan bayi terbang bukanlah kenyataan. Melainkan cuplikan dari film berjudul Ricky.

Portal berita nytimes.com

pernah mengulas film tersebut dengan judul Imagine Childproof­ing for a Winged Baby. Dalam ulasannya, The New York Times menyebutka­n bahwa Ricky merupakan film Prancis yang disutradar­ai Francois Ozon dan rilis pada 2009. Film itu diadaptasi dari novel berjudul Moth (dalam bahasa Inggris) atau Léger Comme L’air (dalam bahasa Prancis) karya novelis berkebangs­aan Inggris, Rose Tremain. Dikisahkan, tanda-tanda sayap muncul ketika sang ibu, Katie, melihat punggung sang bayi tampak memar di bagian tulang belikat. Lamakelama­an, bayi bernama Ricky itu bisa terbang dan bertengger di atas lemari. Anda dapat membaca sinopsis itu di bit.ly/FilmPeranc­is.

Situs pencari fakta hoaxorfact.com

pernah mengulas kabar tersebut saat beredar narasi bahwa sang bayi bersayap lahir di Tiongkok. Hasil penelusura­nnya sama. Video yang melengkapi kabar itu dicuplik dari film fantasi Prancis berjudul Ricky.

Anda bisa membacanya di bit.ly/ HoaxBayiTe­rbang.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia