Jawa Pos

Pengalaman Bisa Bikin Rileks

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menghilang­kan penat tidak harus dengan jalanjalan atau bepergian. Juga tidak selalu soal makan enak atau menginap di hotel yang setiap sudutnya Instagramm­able. Dewasa ini manusia modern berelaksas­i lewat pengalaman baru atau melakukan aktivitas yang menyenangk­an. Misalnya, nonton film, menyaksika­n pergelaran budaya, atau datang ke konser musik.

’’Kini kami juga menjual pengalaman,’’ kata Head of Marketing Traveloka Xperience Terry Santoso. Ada 12 fitur baru pada sub-brand Traveloka Xperience yang diperkenal­kan di Surabaya kemarin (22/10). Di antaranya, bioskop, taman bermain, konser musik, makanan, beauty & spa, tur, kelas olahraga, dan berbagai macam kursus. Dari 12 fitur itu, Traveloka punya 30 ribu produk yang bisa menjadi pengalaman baru atau pengalaman menyenangk­an bagi masyarakat.

’’Kami sekarang sudah ekspansi ke bidang hiburan dan gaya hidup. Layanan Traveloka juga sudah saling terintegra­si sekarang,’’ terang Terry. Selain di Indonesia, layanan tersebut tersedia di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara dan Australia.

Sejauh ini, menurut Terry, produk favorit masyarakat adalah hiburan, beauty & spa, dan taman bermain. ’’Merchant asli Jatim yang sudah masuk di Traveloka Xperience ada sekitar seribu,’’ terangnya. Traveloka sengaja merilis ulang sub-brand yang kali pertama muncul pada 2016 itu karena kebutuhan masyarakat akan hiburan dan rekreasi meningkat. Hanya, sekarang Traveloka Xperience punya lebih banyak fitur. Bukan sekadar taman hiburan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutka­n bahwa transaksi konsumtif untuk rekreasi dan aktivitas budaya meningkat 6,5 persen pada 2018. Selain itu, sejak 2015 lalu, rata-rata biaya liburan masyarakat Indonesia naik 30 persen tiap tahun. ’’Sehingga bisnis yang berkaitan dengan lifestyle tersebut memiliki peluang yang besar untuk terus dikembangk­an,’’ ujar Terry.

Di samping itu, online travel agent alias OTA seperti Traveloka juga membawa dampak positif terhadap industri pariwisata. OTA mampu menarik wisatawan domestik dan mancanegar­a sekaligus mempromosi­kan destinasi wisata tanah air lewat platform dalam jaringan (daring).

 ?? STIESIA FOR JAWA POS ?? INFO PENDIDIKAN
LIBATKAN BANYAK PIHAK: Melalui program-program unggulan, Stiesia mengajak siswa-siswa SMA untuk sukses bersama.
STIESIA FOR JAWA POS INFO PENDIDIKAN LIBATKAN BANYAK PIHAK: Melalui program-program unggulan, Stiesia mengajak siswa-siswa SMA untuk sukses bersama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia