Jawa Pos

Pelanggan Kecil PGN Bertambah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Potensi pasar jaringan gas (jargas) pada sektor usaha kecil dan menengah (UKM) cukup tinggi. Sejauh ini 20 pelanggan kecil di area Surabaya terlayani jargas dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. Tahun lalu BUMN yang bergerak di bidang energi itu hanya memiliki tiga pelanggan kecil.

’’Tahun ini total ada 90 sambungan jargas di seluruh Indonesia,’’ kata Sales Area Head PGN Surabaya Misbachul Munir kemarin (22/10).

Kriteria pelanggan kecil adalah mereka yang konsumsi gas bulanannya hanya 50–1.000 meter kubik. Harga gas yang dipatok untuk pelanggan kecil mencapai Rp 2.870 per meter kubik.

Kategori di bawahnya adalah pelanggan rumah tangga dengan konsumsi 0–50 meter kubik gas per bulan. Di Surabaya, jumlah pelanggan rumah tangga tercatat 22.754 pada 2016. Tahun sebelumnya hanya ada 2.693 pelanggan.

Misbachul menjelaska­n, pelaku UKM masuk kategori pelanggan kecil. ’’Mulai usaha makanan seperti katering hingga non makananber­upa laundry,’’ jelasnya.

Sebanyak 20 sambungan baru yang terpasang tahun ini berada di wilayah timur, selatan, dan tengah Kota Surabaya.

Khusus bagi para pelanggan kecil, PGN membiayai pemasangan dari pipa induk ke meteran si pengguna. Selanjutny­a, biaya pemasangan pipa dari meteran ke dapur ditanggung sendiri oleh pelanggan. Karena itulah, besaran biaya pemasangan berbeda-beda sesuai dengan panjang pipa yang dibutuhkan.

Salah satu pelanggan kecil yang sudah tersambung dengan jargas PGN adalah Melati Catering di Surabaya Timur. Pemilik Melati Catering, Tatang Kurniawan, menyebutka­n bahwa selama ini kebutuhan gas untuk kegiatan operasiona­l usahanya adalah 60 tabung gas 12 kilogram per bulan.

’’Dengan memanfaatk­an jargas, bisa hemat hingga 30 persen,’’ ucapnya. Dia mengeluark­an uang sekitar Rp 15 juta untuk memasang pipa dari meteran ke dalam rumah.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SESUAIKAN: Pegawai PGN memeriksa saluran gas pada kompor pelanggan di Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS SESUAIKAN: Pegawai PGN memeriksa saluran gas pada kompor pelanggan di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia