Jawa Pos

Promes Mengejar Cruijff-Kluivert

-

AMSTERDAM, Jawa Pos – Quincy Promes menjadi rekrutan termahal Ajax Amsterdam musim ini. Promes diboyong dari Sevilla dengan banderol EUR 15,7 juta (Rp 246,33 miliar), lalu diikat kontrak berdurasi lima musim.

Promes pun tak mengecewak­an pendukung De Godenzonen –julukan Ajax. Pesepak bola 27 tahun yang bisa bermain di berbagai posisi lini serang itu menjadi pencetak gol terbanyak kedua Ajax dengan 8 gol. Hanya terpaut satu gol dengan Dusan Tadic.

Enam di antara delapan gol tersebut Promes lesakkan di Eredivisie. Sisanya, dia selalu mencetak gol dalam dua laga di Liga Champions. Masingmasi­ng dilesakkan ke gawang Lille (18/9) dan Valencia (3/10). Dan,

Chelsea menjadi target berikutnya di Johan Cruijff Arena malam nanti (siaran langsung SCTV/Champions TV 1 pukul 23.55 WIB).

”Quincy (Promes) pemain yang berteknik, cerdik, dan memiliki kengototan luar biasa. Kekuatan fisiknya untuk berduel dengan pemain belakang jauh lebih baik daripada saat saya temui kali pertama,” tutur pelatih Ajax Erik ten Hag kepada ESPN. Ten Hag sudah mengenal talenta Promes ketika menjadi asisten pelatih di FC Twente periode 2011–2012 dan menangani Go Ahead Eagles sebagai pelatih pada 2012–2013.

Nah, seandainya mencetak gol lagi ketika melawan Chelsea, Promes menjadi pemain Belanda kelima sepanjang sejarah Liga Champions yang selalu mencetak gol di tiga laga beruntun. Bersanding dengan legenda seperti Johan Cruijff, Ruud Geels, Ruud Krol, dan Patrick Kluivert. Capaian terakhir atau oleh Kluivert terjadi pada Oktober 1995 atau sudah 24 tahun silam.

Sementara itu, dari Chelsea, penyerang Tammy Abraham masih harus menunjukka­n taji. Boleh saja Abraham memegang rekor sebagai top scorer sementara Chelsea dengan 9 gol di berbagai ajang. Tapi, di Liga Champions, striker berusia 22 tahun tersebut masih tumpul. Apalagi, beredar kabar Abraham tengah dinanti kontrak anyar dengan gaji GBP 100 ribu (Rp 1,82 miliar) per pekan.

 ?? KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP ?? BIDIK: Quincy Promes bakal bersanding dengan empat legenda Belanda seandainya membobol gawang Chelsea dini hari nanti.
KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP BIDIK: Quincy Promes bakal bersanding dengan empat legenda Belanda seandainya membobol gawang Chelsea dini hari nanti.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia