Jawa Pos

Misi Perdamaian di Hari Santri Nasional

-

SURABAYA, Jawa Pos – Begitu sampai di pintu masuk Stasiun Gubeng, Qori’in Assindy langsung merasakan suasana yang berbeda kemarin (22/10). Perempuan asal Lombok yang hendak ke Jogjakarta itu tersenyum saat melihat enam santri dari Al-Muhibbin Rangkah, Surabaya, menyanyika­n kasidah dengan diiringi musik rebana. Tak hanya itu, satu robot Transforme­rs juga menarik perhatiann­ya. Apalagi, robot tersebut mengenakan serban di leher.

Dia juga mendapat tantangan dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya untuk menghafal surah pendek Alquran. Tantangan itu diterima. ’’Karena saya berhasil, saya diberi ini,’’ katanya sembari menunjukka­n bunga, buku Juz Amma, dan tasbih.

Halyangsam­adidapatka­nIndahDewi Safitri. Didampingi ibunya, Endang Pujiati,bocah6tahu­nasalRemba­ngitu ditantang menghafal surah pendek

J

Dia memilih surah Ad Duha. Meski awalnya malu-malu, Indah ternyata lancar menghafal surah tersebut. Raut kegembiraa­n pun terpancar di wajahnya. Sebab, dia juga mendapatka­n benda yang didapat Qori’in. ’’Maklum, anak saya ini sudah terbiasa menghafal begini. Dia seorang santri, mondok di Ponpes RN ASA Dadapan Sedan, Rembang,” ucap Endang. Dia pun langsung mengabadik­an momen itu dengan berfoto bersama.

’’Kami senang sekali melihat mereka antusias menerima tantangan,’’ ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto. Kegiatan itu diadakan dalam rangka memperinga­ti Hari Santri Nasional (HSN) kemarin. Setidaknya, ada 750 suvenir yang dibagikan.

HSN 2019 dirasa spesial. Sebab, tema yang diangkat adalah Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. Suprapto meyakini banyak santri yang berperan besar dalam memajukan Indonesia hingga dunia. ’’Dengan kata lain, keberadaan santri patut diperhatik­an,’’ ungkapnya.

Di Tugu Pahlawan peringatan HSN tampak berbeda. Konsepnya mengusung edukasi lingkungan. Ketua PC NU Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri mengatakan, para undangan sudah diberi tahu bahwa tidak disediakan air minum kemasan sekali pakai. Mereka diminta membawa botol atau tumbler. ”Juga tidak ada atribut dari vinil,” ujarnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? UNTUK NEGERI: Ribuan pelajar mengikuti upacara Hari Santri Nasional di lapangan Tugu Pahlawan kemarin (22/10). Foto kanan, petugas PT KAI Daop 8 bersama cosplay robot Transforme­rs membagikan perangkat mengaji di Stasiun Gubeng Lama, Surabaya.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS UNTUK NEGERI: Ribuan pelajar mengikuti upacara Hari Santri Nasional di lapangan Tugu Pahlawan kemarin (22/10). Foto kanan, petugas PT KAI Daop 8 bersama cosplay robot Transforme­rs membagikan perangkat mengaji di Stasiun Gubeng Lama, Surabaya.
 ?? ROBERTUS/ JAWA POS ??
ROBERTUS/ JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia