Jawa Pos

Sabet Empat Medali di WINTEX 2019

-

SURABAYA, Jawa Pos – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menyabet empat medali di ajang World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2019. Yakni, dua medali emas dan dua perunggu. Ajang bergengsi tersebut memberikan penghargaa­n kepada para penemu muda di Indonesia maupun internasio­nal.

Dua inovasi yang mendapatka­n medali emas adalah Antasena 3D Printed Wheel dan Smart Renewable Floating Energy Generator (SEAFERS). Antasena 3D Printed Wheel juga berhasil meraih Best Innovation Award. Kemudian, Antasena Portable Extruder Machine dan Antasena Engine Control Unit (ECU) meraih medali perunggu.

Muhammad Iqbal Al Barsyi, salah seorang anggota tim Antasena 3D Printed Wheel, mengatakan bahwa Antasena 3D Printed Wheel adalah velg yang material utamanya terbuat dari plastik. Keunggulan­nya, velg tersebut jauh lebih ringan daripada velg pada umumnya. ”Velg biasa beratnya 2–3 kilogram. Sementara, velg kami hanya 1,1 kilogram,” katanya.

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia ITS itu menambahka­n, biaya pembuatann­ya lebih murah daripada velg pada umumnya. Velg ciptaannya didesain dengan menggunaka­n aplikasi. Kemudian, dicetak dengan mesin 3D printer. ”Kami (tim Antasena) bekerja sama dengan tim mobil listrik nasional (Molina) ITS dalam mencetakny­a,” ujarnya.

Muhammad Taufiq Fathurrahm­an, salah seorang anggota tim inovasi SEAFERS, mengatakan bahwa karya inovasinya merupakan alat pembangkit listrik apung cerdas yang memadukan konsep energi terbarukan. Yakni, menggunaka­n energi angin yang menggerakk­an kincir savonius dan energi arus laut yang akan menggerakk­an turbin gorlov helical turbine. ”Alat pembangkit listrik ini tidak butuh biaya operasiona­l sekaligus tidak menimbulka­n polusi,” jelasnya.

 ?? ITS FOR JAWA ?? BERPRESTAS­I: Tim ITS menunjukka­n penghargaa­n yang didapat dari WINTEX 2019 di Jakarta.
ITS FOR JAWA BERPRESTAS­I: Tim ITS menunjukka­n penghargaa­n yang didapat dari WINTEX 2019 di Jakarta.
 ?? ITS FOR JAWA ?? RAIH EMAS: Sofia Fitri memaparkan Antasena 3D Printed Wheel kepada salah seorang juri.
ITS FOR JAWA RAIH EMAS: Sofia Fitri memaparkan Antasena 3D Printed Wheel kepada salah seorang juri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia