Jawa Pos

Bersih-Bersih Bantaran dan Kali Pegirian

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menumpukny­a sampah di Kali Pegirian membuat Pemkot Surabaya gerah. Kemarin (22/10) pemerintah bekerja bakti untuk membersihk­an sampah di sungai tersebut. Acara yang dihadiri 250 orang itu dipusatkan di sekitar Jembatan Jatisrono.

Warga sekitar sempat cemas. Terutama yang meletakkan barang-barang di pinggir sungai. ’’Mau diperbaiki, tapi belum punya uang. Tolong jangan dibawa,’’ kata Riya, salah seorang warga yang mendatangi kerumunan peserta kerja bakti. Perempuan itu berusaha menghalang­i petugas satpol PP yang hendak mengangkut motor bekas miliknya. ’’Kendaraan ini sudah setahun diparkir di pinggir sungai. Remnya blong,’’ tambah Riya.

Berbagai instansi terlibat dalam acara tersebut. Mulai kepolisian, TNI, satpol PP, linmas, dinas PU bina marga dan pematusan (DPUBMP), dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH), hingga pegawai Kecamatan Semampir. Peserta menyisir bantaran kali sepanjang 1 kilometer. Sebagian lagi mengumpulk­an sampah di kali dengan memanfaatk­an perahu karet milik DKRTH.

Seluruh barang di bantaran sungai diangkut. Termasuk sebuah odong-odong milik warga. Mainan itu tampak usang dan diletakkan begitu saja di pinggir kali. Tidak diketahui dengan jelas pemiliknya.

Camat Semampir Siti Hindun Robba menjelaska­n bahwa aksi bersih-bersih tersebut bertujuan untuk memperinga­ti Hari Pahlawan. ’’Selain bersih-bersih, kami memperbany­ak spanduk berisi larangan membuang sampah ke sungai,’’ kata Hindun. Puluhan spanduk itu dipasang dalam sebulan terakhir.

Pengumuman dilarang membuang sampah sembaranga­n tersebut diberikan dalam dua bahasa. Selain bahasa Indonesia, spanduk tersebut ditulis dengan menggunaka­n bahasa Madura. ’’Sedihnya, sebagian spanduk sudah hilang. Kami belum menemukan perusaknya,’’ kata Hindun.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MENUMPUK: Sebanyak 250 orang dari berbagai instansi bekerja sama membersihk­an sampah di Kali Pegirian kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MENUMPUK: Sebanyak 250 orang dari berbagai instansi bekerja sama membersihk­an sampah di Kali Pegirian kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia