Jawa Pos

Zarco Wajib Cepat sejak Awal

KTM Promosikan Dua Rookie pada 2020

-

PHILLIP ISLAND, Jawa Pos – Johan Zarco datang mengenakan baju balap bernuansa merah di Sirkuit Phillip Island, Australia, kemarin (24/10). Ini adalah balapan perdana dia yang menandai kiprahnya bersama tim LCR Honda menggantik­an Takaaki Nakagami untuk tiga seri terakhir musim 2019. Banyak yang penasaran bagaimana cara pembalap Prancis tersebut menaklukka­n motor ganas macam Honda RC213V. Termasuk juara dunia 2019 Marc Marquez. Hingga saat ini, RC213V adalah salah satu motor yang paling sulit ditunggang­i di kelas MotoGP. Hanya Marquez yang mampu menaklukka­n motor tersebut secara sempurna hingga sukses merengkuh enam gelar juara di MotoGP. Para penunggang Honda lainnya saat ini, seperti Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami (LCR) serta Jorge Lorenzo (Repsol Honda), mengeluhka­n beratnya menaklukka­n motor tersebut. Apalagi jika mengingat Zarco adalah mantan pembalap Yamaha (Tech3). Seperti Lorenzo yang hingga saat ini bahkan masih sulit bersaing di sepuluh besar. ’’Akan sulit diprediksi (penampilan Zarco, Red),’’ ucap Marquez sebagaiman­a dilansir Crash. ’’Hanya dalam tiga seri, siapa pun akan sulit menunjukka­n bahwa seseorang itu mampu. Tetapi, dia (Zarco) akan berusaha tampil cepat sejak awal demi menujukkan kepada seluruh tim bahwa dia layak mendapatka­n satu kursi di MotoGP,’’ tambahnya.

Zarco menyadari hal itu. Juara dunia dua kali beruntun Moto2 tersebut menyatakan, keputusann­ya menerima tawaran Honda untuk menggantik­an Nakagami adalah per judian besar. Tetapi, sebagai pembalap top, dia harus mengambil risikoters­ebut. ’ Kalau aku tidak mampu beradaptas­i (dengan Honda ), tidak ada lagi tempat untukku di MotoGP. Daripada hanya menjadi pembalap uji, lebih baik aku kembali ke Moto2,’ terangnya.

Zar coak a n di per senjata i RC213V yang berumur setahun lebih tua daripada milik Marquez dan Lorenzo. Pembalap seperti Lorenzo mengeluhka­n motor Honda yang menuntut energi besar ketika ditunggang­i. D N A-nyam iri p dengan Ducati dan KTM. Motor terakhir juga gagal ditaklukka­n Zarco.’Hanya diam di rumah membuat ku stres. A kuingin membalap. Target ku adalah bisa bersaing di sepuluh besar Minggu nanti ,’ dila n si rGPO n e.

Sepeningga­l Zarco dari KTM, tim pabrikan Austria itu mengambil keputusan mengejutka­n terkait dengan susunan pembalapny­a untuk musim depan. Yang paling berani adalah mempromosi­kan rider KTM di Moto2 Brad Binder ke tim utama menggantik­an Zarco. Semula dia disiapkan sebagai pengganti Hafizh Syahrin di tim satelit KTM, Tech 3.

Tetapi, karena Zarco berpisah dengan K T M, Binder diputuskan bakal langsung berbagi paddock dengan Pol Es par gar o. Nah, satu posisi lowong yang ditinggalk­an Binder di Tech 3 bakal menjadi milik Iker Lecuona. Pembalap 19 tahun itu akan menjalani musim rookie-nya di MotoGP musim depan. RiderSpany­ol tersebut empat musim terakhir bertarung di pentas Moto2.

Bin derakan menjadi pembalap pertama Afrika Selat anyang tampil di kelas para raja .’ Kami yakin B rada kan tetap menjaga semangat pantang menyerahny­a yang kami saksikan sejak lama,’’ ujar Direktur Motorsport KTM Pit Beirer.

Namun, keputusan itu membuat kecewa Oliveira. Dia sudah lama digadang-gadang menjadi pengganti Zarco. Pengalaman satu tahun di kelas MotoGP dianggapny­a cukup untuk dipromosik­an naik ke tim utama. ’’Kalau Mika (Kallio, pembalap cadangan KTM) yang dipilih, aku tidak akan kecewa. Tapi, mereka malah menunjuk pembalapro­okie yang usianya sama mudanya dengaku,’’ katanya.

 ?? INSTAGRAM JOHANN ZARCO ?? PENAMPILAN BARU:
Pembalap Prancis Johann Zarco berfoto d e ngan b aju balap LCR Honda di atas motor Honda RC213V jelang GP Australia di Sirkuit Phillip Island kemarin (24/10).
INSTAGRAM JOHANN ZARCO PENAMPILAN BARU: Pembalap Prancis Johann Zarco berfoto d e ngan b aju balap LCR Honda di atas motor Honda RC213V jelang GP Australia di Sirkuit Phillip Island kemarin (24/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia