Jawa Pos

Kunci Sukses, Rajin dan Pantang Menyerah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i membakar semangat siswa dari berbagai sekolah kemarin (24/10). Dalam ajang bertajuk Sekolah Kebangsaan dalam rangka memperinga­ti Hari Pahlawan 2019 itu, Risma memberikan arahan serta memotivasi para siswa.

Acara pagi tersebut berlangsun­g di Taman Sejarah. Dalam kesempatan itu, Risma mengajak siswa untuk tidak mudah menyerah. Terutama dalam meraih keberhasil­an. ’’Seberat apa pun, sesulit apa pun, kalian tidak boleh menyerah karena kalian adalah cucucucu para pejuang,’’ tegasnya.

Perempuan yang menjadi pembicara pada forum global yang berlangsun­g di New York, Amerika Serikat, pada September lalu itu menyatakan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Juga tidak ada anak yang pintar. ’’Yang ada adalah anak yang malas dan rajin. Kalau kalian rajin, kalian pasti berhasil. Mengerti?’’ katanya.

Risma juga menyemanga­ti siswa untuk tidak minder. Termasuk ketika berbicara dengan para turis asing. Juga tidak minder dengan kondisi fisik diri sendiri. Terpenting, lanjut dia, menuruti nasihat orang tua dan guru. ’’Disuruh rajin belajar, itu kerjakan. Itulah salah satu kunci keberhasil­an,’’ tuturnya.

Di hadapan para siswa, dia berpesan agar jangan tergoda narkoba dan kenakalan remaja. Juga tidak ada lagi tawuran dan bermusuhan. ’’Musuh kalian adalah kemiskinan dan kebodohan. Janji sama Ibu bahwa kalian pasti berhasil dan sukses. Sanggup? Janji?’’ ujarnya diikuti kor kesanggupa­n ratusan siswa.

Kemarin, Sekolah Kebangsaan itu dimulai dengan teatrikal pertempura­n yang menewaskan Jenderal Mallaby yang dibawakan oleh siswa SMPN 45. Ada juga paduan suara dari siswa SMPN 6.

Agus Bambang, guru PKn SMP Angelus Custos, bersyukur bisa ikut dalam Sekolah Kebangsaan tersebut. Sebab, dia juga turut merasakan motivasi yang disampaika­n oleh orang nomor satu di Surabaya itu. ’’Bu Risma ini luar biasa. Jago melecut semangat,’’ katanya.Terutama motivasi tentang jangan sampai kehilangan identitas bangsa.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? DISPENDIK SURABAYA FOR JAWA POS ?? PACU SEMANGAT: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i di hadapan ratusan siswa dalam Sekolah Kebangsaan di Taman Sejarah kemarin (24/10).
DISPENDIK SURABAYA FOR JAWA POS PACU SEMANGAT: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i di hadapan ratusan siswa dalam Sekolah Kebangsaan di Taman Sejarah kemarin (24/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia