Jawa Pos

Backstreet Boys dan Pesta Lintas Generasi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Baru saja berada di panggung, Brian Littrell sudah mengetes para penonton. ”Coba, kalau boleh tahu, berapa umur kalian?” tanya anggota boyband legendaris Backstreet Boys itu.

Gemuruh tawa langsung saja terdengar. Disusul teriakan lantang dari penonton di Hall B3 dan C3 JIExpo Kemayoran, Jakarta, tadi malam, ”25 years old...”

Tentu saja tak semua yang menyaksika­n konser yang merupakan bagian tur dunia Backstreet Boys dengan tajuk DNA World Tour itu berusia 25 tahun. Bandnya saja bentukan 1993. Otomatis, penontonny­a juga banyak dari, kalau boleh mengutip teori pembagian generasi, generasi X (kelahiran 1961–1980). Tapi, di sela-sela mereka, banyak juga generasi Y (1981–1994), bahkan generasi Z (1995–2010).

”Mama ngajak nonton konser mereka, setelah tahu dari berita bakal manggung di sini. Mama minta aku dengerin lagu-lagunya dan ternyata enak-enak kok,” ucap Tara, 16, saat ditemui di depan pintu masuk Hall B3.

Jadilah konser tadi malam pesta lintas generasi. Bukan sekadar reuni generasi 1990-an.

Karena itu, Backstreet Boys pun dalam konser pertamanya di Indonesia tersebut menghadirk­an lagu-lagunya yang melintas zaman. Termasuk dari album ke10, DNA yang dirilis Januari lalu.

I Wanna be with You menjadi lagu pembuka Littrell, Howie Dorough, Nick Carter, A.J. McLean, dan Kevin Richardson. Layar panggung mendadak berwarna emas dan menampilka­n tulisan ”Backstreet Boys Is Back”.

Para personel Backstreet Boys mengenakan outfit serbahitam. A.J. McLean memakai outer sejenis kardigan dengan detail kain batik di bagian bawah. ”Kami sangat berterima kasih atas kehadiran kalian,” kata Littrell setelah menyelesai­kan I Wanna be with You.

Pada 1999, band yang dibentuk di Orlando, Amerika Serikat, itu mencatat sejarah gemilang. Album ketiga mereka yang bertajuk

Millenium berhasil menembus angka penjualan 30 juta kopi di seluruh dunia.

Jejak kejayaan masih terlihat di lokasi konser mereka tadi malam. Di area festival, nyaris tidak ada ruang kosong untuk bergerak karena dipadati penonton. Hal yang sama terlihat di area VIP. Semua kursi dipenuhi penonton.

Setelah menyanyika­n More than That, Nick Carter menuju ke tengah panggung. ”Kalian tahu, kalian selalu ada di hati kami,” tuturnya, disambut aplaus panjang.

Di antara para penonton, hampir tidak ada yang absen untuk ikut bernyayi dengan Backstreet Boys. Salah satunya di hit Shape of My Heart.

Lagi-lagi, Nick Carter membuat baper. Sebelum mengakhiri lagu tersebut, dia membuat love sign dengan tangannya. Para mama muda maupun yang agak senior pun menjerit. Begitu pula anakanakre­majamereka.(sam/c11/ttg)

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? PUASKAN PENGGEMAR: Boyband Backstreet Boys dalam konser DNA World Tour Jakarta 2019 tadi malam.
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS PUASKAN PENGGEMAR: Boyband Backstreet Boys dalam konser DNA World Tour Jakarta 2019 tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia