Jawa Pos

Kualifikas­i Diundur Hari Ini

Kans Alex Marquez Susul sang Kakak

-

PHILLIP ISLAND, Jawa Pos – Dua hari beruntun rangkaian GP Australia di Sirkuit Phillip Island diganggu cuaca buruk. Jika pada latihan bebas hari pertama hujan melanda, kemarin giliran angin yang mengamuk. Kecelakaan mengerikan yang menimpa rider KTM Tech 3 Miguel Oliveira berujung pada diundurnya sesi kualifikas­i menjadi hari ini.

Kasus tersebut mengingatk­an pada balapan Formula 1 di GP Jepang. Dampak badai Hagibis membuat penyelengg­ara memundurka­n sesi kualifikas­i pada Minggu. Rencananya, kualifikas­i dilangsung­kan pukul 10.20 waktu setempat (06.20 WIB). Jika cuaca tetap tidak memungkink­an untuk menggelar kualifikas­i, formasi start akan didasarkan pada hasil latihan bebas ketiga (FP3). Balapan tetap dilangsung­kan pukul 11.00 WIB.

Insiden tunggal yang menimpa Oliveira terjadi pada FP4. Pembalap rookie itu tak mampu menguasai motornya lantaran tersapu angin kencang sebelum tikungan pertama. Motornya keluar lintasan dan tergelinci­r serta membuatnya terseret puluhan meter. ’’Sejak pagi hingga sore, arah angin berubah, mendorong ke arah samping di lintasan lurus,’’ kata Oliveira sebagaiman­a dikutip Crash. Pagi ini, dia akan kembali menjalani tes kesehatan sebelum diputuskan layak turun pada kualifikas­i dan balapan hari ini.

Penundaan sesi kualifikas­i di Australia menjadi yang pertama sejak GP Qatar 2017. Saat itu hujan lebat membuat sesi kualifikas­i ditunda saat hari balapan.

Jika kualifikas­i tidak digelar, pole position akan menjadi milik pembalap Monster Yamaha Maverick Vinales yang mencetak waktu tercepat di

FP3. Dia menorehkan waktu 1 menit 28,824 detik, lebih cepat 0,496 detik dari Andrea Dovizioso (Ducati). Di posisi ketiga, ada Cal Crutchlow yang lebih lambat setengah detik dari Vinales.

Juara MotoGP 2019 Marc Marquez bertengger di posisi keenam, satu setrip di depan Valentino Rossi. Dengan posisi tersebut, tekad Marquez untuk memburu ketertingg­alan poin Repsol Honda dari Ducati pada klasemen tim akan menemui jalan terjal.

Sementara itu, Alex Marquez bisa menyusul sang kakak, Marc Marquez, merengkuh gelar juara Moto2 tahun ini di Australia. Alex saat ini memimpin klasemen Moto2 dengan koleksi 234 poin, leading 36 poin atas pesaing terdekatny­a, Thomas Luthi. Ada tiga syarat bagi Alex untuk merengkuh gelar pertamanya di kelas intermedia­te itu. Dia memenangi balapan, sedangkan Luthi finis tidak lebih baik dari posisi kelima dan Augusto Fernandez (peringkat ketiga) finis tidak lebih baik dari posisi kelima

Lalu, jika Alex finis runner-up, Luthi finis tidak lebih baik dari posisi kesepuluh, sedangkan Fernandez maksimal finis kelima. Syarat terakhir, Alex finis ketiga, sedangkan Luthi maksimal finis ke-14 dan Fernandes mentok di posisi kesembilan. Jika mampu menyegel gelar, itu akan mengakhiri penantian panjang Alex selama lima musim berjibaku di pentas Moto2.

 ?? INSTAGRAM RED BULL KTM TECH3 ?? APES: Pembalap Tech3 KTM Miguel Oliveira yang mengalami kecelakaan parah pada FP4 GP Australia, di Sirkuit Phillip Island, kemarin (27/10).
INSTAGRAM RED BULL KTM TECH3 APES: Pembalap Tech3 KTM Miguel Oliveira yang mengalami kecelakaan parah pada FP4 GP Australia, di Sirkuit Phillip Island, kemarin (27/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia