Jawa Pos

Tangguh, Siap Jawab Tantangan Masa Depan

Wisuda Ke-96 Universita­s Negeri Surabaya

-

UNIVERSITA­S Negeri Surabaya (Unesa) berkomitme­n untuk menyiapkan lulusan yang profesiona­l, berkompete­n, dan memiliki daya kompetisi yang tinggi. Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan MKes yakin bahwa kemajuan bangsa tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusianya (SDM). Kualitas proses pendidikan akan menentukan kualitas SDM. Proses yang baik akan menghasilk­an output dan outcome yang baik.

Unesa mengadakan wisuda ke-96 di Gedung Graha Unesa bagi 2.028 wisudawan, mulai jenjang ahli madya, sarjana, magister, hingga doktor, hari ini (27/10). Mereka merupakan output proses pendidikan yang berkualita­s dan diharapkan memiliki ketangguha­n yang mumpuni untuk memasuki kehidupan di era yang penuh perubahan.

Para wisudawan memiliki karakter profesiona­l bukan hanya dalam keilmuan yang ditekuniny­a, melainkan juga dalam sikap dan perilaku yang hendak diterapkan di masa depan. Perpaduan keilmuan dan life skills yang telah dipelajari serta dihayati selama belajar di kampus diharapkan bisa diimplemen­tasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Wisudawan Unesa juga terbuka dan positif menyikapi setiap perubahan serta berwawasan global. Tidak hanya gelombang perubahan di era industri 4.0, tapi juga pada era-era selanjutny­a. Prof Nurhasan yakin wisudawan Unesa yang tangguh menolak untuk kalah dan tenggelam dalam gelombang besar perubahan yang serbacepat.

Selama wisudawan Unesa memiliki kompetensi keilmuan dan life skills serta sikap terbuka dan positif terhadap perubahan, mereka akan siap menjawab berbagai tantangan masa depan. Lebih dari itu, mereka akan siap untuk melakukan strategi inovatif dan adaptif untuk berkolabor­asi serta mampu mengatasi berbagai tantangan.

”Hari ini, kita bahagia menyaksika­n anakanak atau adik-adik kita mengisyara­tkan kesiapan mereka untuk memasuki dunia baru. Insya Allah, tidak tampak keraguan di antara mereka,” tegas Prof Nurhasan.

Dia yakin para wisudawan siap menjadi insan yang profesiona­l, mandiri, cerdas, dan berkarakte­r kuat untuk menjawab tantangan masa depan, termasuk memasuki dunia kerja, mengisi dunia kerja, juga menciptaka­n lapangan kerja bagi masyarakat. Mereka adalah kader-kader bangsa yang akan mewarnai perjalanan bangsa.

”Kami sebagai pimpinan Unesa dan seluruh sivitas Unesa yang telah ikut mewarnai kehidupan akademis mereka turut bangga dan berbahagia atas raihan puncak studi hari ini,” kata Prof Nurhasan.

 ?? UNESA FOR JAWA POS ?? TIDAK ADA KERAGUAN: Seluruh civitas academica Unesa bangga atas raihan puncak studi 2.028 wisudawan, mulai jenjang ahli madya, sarjana, magister, hingga doktor.
UNESA FOR JAWA POS TIDAK ADA KERAGUAN: Seluruh civitas academica Unesa bangga atas raihan puncak studi 2.028 wisudawan, mulai jenjang ahli madya, sarjana, magister, hingga doktor.
 ?? UNESA FOR JAWA POS ?? OUTPUT BERKUALITA­S: Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan MKes yakin kemajuan bangsa bergantung pada kualitas SDM.
UNESA FOR JAWA POS OUTPUT BERKUALITA­S: Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan MKes yakin kemajuan bangsa bergantung pada kualitas SDM.
 ??  ?? INFO PENDIDIKAN
INFO PENDIDIKAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia