Jawa Pos

Semarak Pawai Santri Kreatif

Hari Ini Dewan Gelar Diskusi Revitalisa­si Pesantren

-

GRESIK, Jawa Pos – Semarak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 terus berlanjut. Beragam organisasi dan lembaga pendidikan mengadakan berbagai kegiatan. Kemarin siang (26/10) ribuan warga, santri, serta pelajar

FANDI AKHMAD YANI

melakukan Kirab Resolusi Jihad NU dan Pawai Santri Kreatif.

Pawai itu start di area Pendapa Bupati Gresik. Sebelum bergerak, acara diawali pertunjuka­n pencak macan dari Paguyuban Seni Tradisi Lumpur Gresik (PSTLG). Pencak macan merupakan salah satu seni bela diri khas warga Kota Gresik. Pertunjuka­n itu menarik banyak pengunjung.

Tidak lama, peserta kirab dilepas Wabup Gresik Moh. Qosim dengan didampingi sejumlah kiai. Mereka kemudian berkelilin­g melewati sejumlah ruas jalan protokol. Di sepanjang perjalanan, banyak warga yang menyaksika­n pawai tersebut. Terlebih, ada juga peserta yang tampil dengan marching band.

Dalam sambutanny­a, Qosim berpesan agar para santri tetap patuh pada guru dan kiai. Dia juga ikut ber

doa agar para santri kelak menjadi tokoh penerus bangsa. Saat ini sudah banyak sekali santri yang menjadi pemimpin di Indonesia. Termasuk Wapres KH Ma’ruf Amin. ’’Suatu saat para santri ini akan menjadi penerus bangsa. Harus diyakini,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Gresik Agus Junaidi menyatakan bahwa HSN 2019 di wilayah Kabupaten Gresik selalu diperingat­i begitu meriah. Mulai desa-desa hingga perkotaan. Dia berharap semarak peringatan HSN dengan beragam kegiatan bisa rutin diselengga­rakan. Hal itu menjadi pengingat bahwa kemerdekaa­n tidak bisa lepas dari jasa para santri. ’’Santrisant­ri harus terus bangkit dan bergerak sehingga bisa diandalkan bangsa dan negara,’’ ungkapnya.

Di sisi lain, hari ini (27/10) mulai pukul 09.00 DPRD Gresik yang bekerja sama dengan PC RMI-NU Gresik menyelengg­arakan dialog tentang revitalisa­si pesantren di Kota Santri. Pakar yang diundang adalah Prof Dr Aswadi (bidang pendidikan), Dr Iskandar Rironga (ekonomi), serta Dr Abdul Chaliq (politik dan pemerintah­an). Tempatnya di Aula SMK Assadah, Bungah.

’’Melalui talk show dan FGD (focus group discussion) ini, kami ingin kiprah dan peran pesantren ke depan semakin meningkat. Termasuk di lingkup pemerintah daerah,’’ papar Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HSN 2019. Sebelumnya, DPRD Gresik dan RMI-NU Gresik mengadakan istighotsa­h dan Pembacaan 1 Miliar Salawat Nariyah di Masjid Agung pekan lalu (21/10). Ribuan santri dan para tokoh ikut larut dalam doa bersama untuk keselamata­n bangsa tersebut.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? MENGHIBUR: Atraksi pencak macan mengawali pelepasan peserta Kirab Resolusi Jihad NU dan Pawai Santri Kreatif untuk memperinga­ti Hari Santri 2019 di alun-alun kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS MENGHIBUR: Atraksi pencak macan mengawali pelepasan peserta Kirab Resolusi Jihad NU dan Pawai Santri Kreatif untuk memperinga­ti Hari Santri 2019 di alun-alun kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia