Jawa Pos

Simulasi agar Warga Tanggap Bencana

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pukul 09.00 suasana Perumahan Gunungsari Indah Blok YY, Kedurus, Karangpila­ng, mendadak gaduh. Ratusan warga keluar rumah sambil terhuyung. Mereka merasakan tanah bergetar. Kemudian, beberapa rumah tampak terbakar. Beberapa warga pun terluka dan pingsan. ”Tolong kakiku,” ucap Rini Asih, warga setempat, kemarin (26/10). Peristiwa tersebut segera ditangani petugas dengan komando Command Center 112.

Kejadian itu mengharusk­an seluruh warga untuk dievakuasi. Tim dinas sosial harus membuka dapur umum. Pihak badan penanggula­ngan bencana (BPB) perlindung­an masyarakat (linmas) juga mendirikan tenda pengungsia­n. ”Ini simulasi, tapi dibuat layaknya sungguhan,” ucap Kabid Pencegahan dan Kesiapsiag­aan BPB Linmas Hendry Simanjunta­k kemarin.

Ucok, sapaan akrab Hendry Simanjunta­k, menuturkan, dalam skenario itu, warga mengalami kejadian gempa. Karena arus pendek, akhirnya terjadi kebakaran. Nah, saat itu ternyata ada maling yang hendak menjarah rumah korban. ”Simulasi ini menjadi bahan edukasi bagi masyarakat. Ketika ada kejadian, tahu apa yang dilakukan,” paparnya.

Simulasi tersebut juga bertujuan melatih para petugas di lapangan. Menurut dia, setidaknya ada 12 instansi yang diterjunka­n dalam kegiatan kemarin. Saat ada kejadian, semua pihak, termasuk warga, sudah mengetahui apa yang harus dilakukan. ”Meski kami berharap tak ada kejadian bencana,” ucapnya.

Heni Yunita, salah seorang peserta simulasi, mengungkap­kan, dirinya antusias dengan kegiatan tersebut. Termasuk menyimak langkah apa saja yang dilakukan saat terjadi bencana. Sebab, dia merasapeng­etahuannya­mengenaita­nggapbenca­namasihmin­im. Terutama penanganan kebakaran. ”Makanya saya bela-belain datang ke sini,” ucap perempuan 29 tahun itu.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SIGAP: Petugas gabungan bersama warga mengevakua­si korban saat simulasi tanggap bencana di Perumahan Gunungsari Indah Blok YY kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SIGAP: Petugas gabungan bersama warga mengevakua­si korban saat simulasi tanggap bencana di Perumahan Gunungsari Indah Blok YY kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia