Jawa Pos

Pelaksanaa­n PKP Tunggu Dana Cair

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sekolah yang ditunjuk sebagai pusat belajar (PB) bagi penyelengg­araan peningkata­n kompetensi pembelajar (PKP) belum melakukan persiapan. Sebab, hingga kini belum ada kabar atau instruksi lebih lanjut. Terutama kepastian soal pelaksanaa­n PKP di Surabaya.

’’Belum ada kabar lagi. Terakhir dua minggu lalu, para PB dikumpulka­n di SMA Gedangan, Sidoarjo. Diberi pembekalan seputar SPj dan tata cara pelaksanaa­n PKP nanti seperti apa,’’ ujar Andang Biwara, pengajar di SMAN 21 yang ditunjuk sebagai bendahara PKP.

Pernyataan tersebut juga dibenarkan Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 2 Sundawan. Sekolah PB hanya menunggu instruksi dari cabang dinas pendidikan tentang pelaksanaa­n PKP. ’Sekolah hanya menyediaka­n tempat dan memberikan akomodasi kepada para peserta. Untuk narasumber dan penugasan, semua dari cabang dinas,’ tuturnya.

Dikonfirma­si terkait dana PKP yang belum cair, Kepala Dinas Pendidikan Cabang Surabaya-Sidoarjo Sukaryanth­o membenarka­n hal itu. Namun, dia juga tidak bisa memastikan pelaksanaa­n PKP. ’Sudah mau turun kok dananya. Pasti dilaksanak­an PKP itu sesuai rencana awal,’ paparnya.

Sukaryanth­o menuturkan, PKP merupakan perluasan dan penajaman MGMP. Tujuan utama yang dibidik adalah meningkatk­an kompetensi guru yang bakal mengarah pada perbaikan pelayanan pendidikan di sekolah. Sebagai salah satu bagian dari MGMP, PKP akan dilaksanak­an dengan model yang hampir sama. Misalnya, sharing dan diskusi yang didasarkan pada evaluasi hasil UNBK tahun lalu.

Namun, akan didatangka­n pemateri dari pusat pelatihan guru (PPG) yang disesuaika­n dengan mata pelajaran (mapel) masing-masing program itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia