Jawa Pos

Galau, Ihsan Mundur dari Pelatnas

-

SALAH seorang pemain tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa, mundur dari pelatnas PBSI. Ihsan menyampaik­an keputusan itu lewat akun Instagram pribadinya kemarin. Dia menyertaka­n 10 foto saat-saat berada di pelatnas dan meraih prestasi. Di saat bersamaan, dia juga menghapus puluhan foto lain yang pernah diunggah sebelumnya.

’’Enam dan hampir tujuh tahun di PBSI. Bukan waktu yang sebentar dan bukan sesuatu yang mudah. Alhamdulil­lah...Terima kasih PBSI untuk kesempatan yang diberikan untuk saya. Alhamdulil­lah saya pernah merasakan berjuang dengan kawan-kawan untuk membawa nama Indonesia,’’ tulis Ihsan dalam caption.

Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto membenarka­n bahwa pemain 23 tahun itu meninggalk­an pelatnas. Namun, dia mengaku tidak tahu alasan yang mendasari keputusan tersebut. ’’Iya memang benar (mundur, Red). Tetapi, kami belum bertemu langsung. Kami belum bisa berkomenta­r apa pun mengenai hal ini,’’ jelas Budi, sapaan akrabnya.

Ketika dihubungi Jawa Pos lewat pesan pendek, Ihsan tidak merespons. Demikian juga ketika ditelepon dan dikontak melalui

direct message Instagram. Padahal, dia cukup aktif membalas komentar netizen.

Penampilan Ihsan memang mandek. Sempat menjadi the next big thing bersama Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dalam tim Thomas Cup 2014, dia sulit bersaing dalam dua tahun terakhir. Musim ini, dari 11 turnamen, tujuh kali Ihsan terhenti di babak kedua.

Capaian terbaiknya adalah semifinal Russian Open super 100. Peringkatn­ya melorot. Awal tahun dia masih berada di kisaran peringkat ke-39 dunia. Lalu, sekarang peringkatn­ya terjun bebas ke posisi ke-69.

Jika boleh menduga-duga, Ihsan memang sudah lama galau. Dia bergelut dengan masalah pribadi. Jawa Pos mewawancar­ainya setelah dia kalah di babak kedua Indonesia Masters 2019 di Malang tiga pekan lalu (2/10).

’’Saya sendiri belum tahu ke depannya bagaimana. Saya ingin ngomong sama pelatih dulu saja. Saya belum tahu masa depan saya. Sebab bagi saya sendiri, sekarang adalah saat untuk mecahinmas­alah saya sendiri,’’ tutur Ihsan saat itu. ’’Memang

nggak gampang. Ini memang masalah saya sendiri. Tapi saya harus meminta bantuan kepada orang-orang sekitar,’’ imbuh dia

Memangnya masalah apa? ’’Ah, nggak ada, nggak ada,’’ tukas dia. Saat ini, Ihsan tidak memberikan penjelasan akan kelanjutan karirnya di bulu tangkis. Namanya terdaftar dalam Macau Open 2019 yang berlangsun­g mulai pekan depan (29/10). ’’Sepertinya Ihsan sudah

withdrawn ya,’’ kata Budi.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? TERAKHIR: Ihsan Maulana Mustofa tampil di Indonesia Masters super 100 (2/10).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS TERAKHIR: Ihsan Maulana Mustofa tampil di Indonesia Masters super 100 (2/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia