Jawa Pos

Sengaja Bakar Sampah Diancam Hukuman

-

SURABAYA, Jawa Pos –Kebakaran terjadi di lahan TPU Babat Jerawat kemarin. Armada Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Pos Kandangan dan Pakal langsung menuju lokasi. Untung, api tidak sampai menjalar ke area blok makam lain. Asap putih dan hitam pekat pun membubung tinggi ke angkasa. Sejumlah warga di Kandangan Jaya yang cukup berdekatan dengan kompleks berduyun-duyun keluar rumah. Mereka khawatir api merembet ke area permukiman. Meski, rumah warga dan makam terpisah oleh saluran.

Seorang penjaga makam, Ahmad, menyatakan, titik kebakaran berada di timur makam. ’’Saya juga enggak tahu ada yang sengaja membakarny­a atau tidak,’’ katanya. Kobaran itu lantas menjalar hingga ke arah selatan. Berbatasan dengan kawasan Kendung Jaya.

Petugas kecamatan pun langsung menghubung­i dinas PMK. Dua mobil PMK Pos Kandangan dan Pakal diterjunka­n. Pemadaman tidak berlangsun­g lama. Sebab, para petugas makam turut memadamkan dengan peralatan seadanya sebelumnya.

Kabid Operasiona­l Dinas PMK Bambang Vistadi mengatakan, petugas berhasil memadamkan api tepat waktu sehingga tidak sampai menjalar ke wilayah sekitar. ’’Alhamdulil­lah berhasil kami padamkan dalam tempo cukup singkat,’’ ujarnya. Namun, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebabny­a.

Terkait dengan faktor kesengajaa­n, pihaknya enggan mendugadug­a. Yang jelas, peraturan soal pembakaran sampah atau alangalang yang mudah terbakar secara sengaja sudah tercantum. Bukan hanya denda, melainkan juga ancaman pidana.

Meski begitu, menangkap pelakunya bukan perkara mudah. Sebab, kebanyakan kabur lebih dulu. Dinas PMK pun telah membuat langkah preventif dengan memasang spanduk imbauan agar tidak membakar sampah atau ilalang sembaranga­n.

’’Sebab, terkadang berdekatan dengan area permukiman. Itu bisa membahayak­an. Kami minta kesadaran masyarakat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,’’ katanya. Pihaknya tetap mengedepan­kan langkah pencegahan sebelum upaya represif ditegakkan.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia