Jawa Pos

SMELTER PT FI

- SUPRIANTO A. WAHYUDIONO EKO PRIYONO AGFI SAGITTIAN MUHAMAD ALI Freeport Siap Operasikan 2023

Laporan dari Tokyo

mengenali pengguna dengan sensor.

Bukan hanya mobil konsep, Suzuki juga memajang dua varian All New Jimny. Suzuki menampilka­n satu Jimny Sierra bermesin 1.500 cc hijau muda dan Jimny Sierra bermesin 658 cc hijau tua. Publik Jepang menyebut mobil yang satu itu sebagai Jimny Kei Car lantaran berukuran lebih kecil.

Pihak Suzuki punya alasan tersendiri kenapa dua mobil yang dirilis sejak 2018 tersebut turut dipamerkan dalam pergelaran TMS 2019. General Manager Strategic Planning Departemen PT Suzuki Indomobil Sales Ei Mochizuki menyatakan, Alvl New Jimny dipajang lantaran mobil legendaris itu sangat populer di Jepang dan belahan dunia lain. ’’Memamerkan kembali sebuah produk yang telah dirilis dalam sebuah event besar adalah bagian dari strategi pemasaran,’’ ujarnya.

JAKARTA, Jawa Pos – PT Freeport Indonesia (PT FI) mengebut persiapan konstruksi proyek fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) tambang di Gresik, Jawa Timur. Smelter yang beroperasi pada 2023 tersebut akan menjadi tempat pengolahan tembaga terbesar di dunia.

SVP Corporate Secretary MIND ID Rendi A. Witular mengatakan, saat ini PT FI memadatkan tanah di lokasi pembanguna­n smelter. ”Itu dulu tanahnya rawa sehingga harus dipadatkan untuk mencegah risiko likuefaksi,” ujar Rendi saat berbincang dengan media di Jakarta Pusat pada Senin malam (28/10). Dia menjelaska­n, pemadatan tanah dilakukan agar posisi smelter tidak bergeser saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi. Setelah itu, konstruksi pembanguna­n dapat dilakukan pada kuartal kedua tahun depan.

PT FI juga menargetka­n pada 2022 mulai ada bagian yang bisa beroperasi. Lalu, target operasiona­l secara penuh pada 2023.

Smelter tersebut memiliki kapasitas pengolahan 2 juta ton konsentrat tembaga per tahun. ”Produk hilirisasi­nya akan menjadi

smelter tembaga terbesar di dunia,” katanya. Tembaga tersebut bisa digunakan untuk produksi

Lokasi Investasi Beroperasi

Produk Hilirisasi Katode tembaga

Lumpur anode Perak Asam sulfat

Gipsum Logam perak Emas

JIIPE Gresik USD 2,8 miliar 2023

Kapasitas Per Tahun

550 ribu ton 6 ribu ton 1,3 juta ton 1,8 juta ton 150 ribu ton 180–240 ton 30–60 ton peralatan elektronik.

”Tembaga yang di produk AC itu kami masih impor. Dengan ini, diharapkan ada industri yang mengambil tembaga kami untuk dibuatkan produk-produk seperti ini,” paparnya. Selain itu, smelter tersebut akan menghasilk­an emas 30–60 ton per tahun. Produksi emas itu akan mampu memenuhi konsumsi emas dalam negeri yang setiap tahun kebutuhann­ya hanya sekitar 10 ton.

”Mungkin di Asia Tenggara tidak ada smelter yang menghasilk­an emas 30–60 ton per tahun. Sisanya diekspor,” kata Rendi.

Smelter PT FI yang dibangun di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik tersebut diperkirak­an menelan dana USD 2,8 miliar.

”Diharapkan dengan adanya

holding, kami mendekatka­n perusahaan-perusahaan dunia yang bergerak di sektor hilirisasi untuk masuk ke Indonesia dan membangun pabrik di sini. Sebab, bahan bakunya semua ada di sini,” urainya. Selama ini Indonesia hanya mengekspor mineral secara mentah, lalu perusahaan pengolahan mineral di luar negeri yang menikmati nilai tambah dari hilirisasi tersebut.

MIND ID merupakan brand baru dari PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Bukan hanya PT Freeport Indonesia, sebagai induk dari holding BUMN pertambang­an, MIND ID juga membawahi sejumlah perusahaan pelat merah.

Sebelummya, Menteri Perindustr­ian Agus Gumiwang mengatakan, pemerintah berusaha mencari cara agar pembanguna­n

smelter Freeport bisa dipercepat. Pihaknya berharap line pertama bisa berproduks­i pada 2022. Salah satu caranya adalah dukungan antar kementeria­n, terutama untuk analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). ”Itu yang kami sinkronkan agar izin lingkungan bisa dikeluarka­n KLHK lebih cepat,” terangnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? NAIK TINGKAT: Rudy Chen (tengah) diapit Andi Victory Bangun (kanan) dan Chief Marketing OfficerRet­ail Business Gunawan Salim di kantor cabang Kediri kemarin.
FRIZAL/JAWA POS NAIK TINGKAT: Rudy Chen (tengah) diapit Andi Victory Bangun (kanan) dan Chief Marketing OfficerRet­ail Business Gunawan Salim di kantor cabang Kediri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia