Jawa Pos

Tumbuhkan Motivasi dan Manfaat bagi Siswa

Sebagai provinsi terluas di Pulau Jawa, Jawa Timur terus memperkuat pemerataan pembanguna­n. Pendidikan generasi muda dengan program SMA double track merupakan salah satunya. Setelah satu tahun terlaksana, program unggulan Dinas Pendidikan Jawa Timur itu k

-

PENDIDIKAN memiliki peran penting dalam mendorong kesejahter­aan. Namun masih banyak lulusan SMA/MA yang tidak dapat melanjutka­n pendidikan ke perguruan tinggi. Hal itu mengakibat­kan tingginya penganggur­an tanpa skill di Jawa Timur. Pada 2018, ada 172.063 lulusan SMA, namun hanya 32,16 persen atau 55.341 orang yang melanjutka­n pendidikan ke perguruan tinggi.

”Program SMA double track mampu menambah skill peserta didik. Ini bisa meningkatk­an IPM Jawa Timur sekaligus menghadapi persaingan global. Melalui keterampil­an, uji kompetensi, dan sertifikat yang dimiliki, diharapkan bisa semakin menumbuhka­n daya saing peserta,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Hudiyono.

Program double track menjadi salah satu solusi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk meningkatk­an kualifikas­i lulusan SMA/MA. Mereka yang lulus SMA/MA juga memiliki keterampil­an sesuai minat. Selama 2018 hingga 2019 sudah tercapai ratarata 120 jam pelajaran teori plus praktik. Angka itu melampaui 30 jam pelajaran yang menjadi target awal dispendik.

Respons sangat antusias diperlihat­kan sekolah dan peserta didik terhadap program double track. Pesertanya terbukti naik hampir dua kali lipat dari tahun pertama. ”Tahun pertama dan kedua fokus ke sekolah yang 60 persen siswanya tidak lanjut perguruan tinggi. Hampir semua sekolah mengingink­an program double track. Banyak juga sekolah baik negeri maupun swasta telah menjalanka­n double track secara mandiri,” papar Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Jawa Timur Ety Prawesti.

 ?? DINAS PENDIDIKAN PROV JATIM FOR JAWA POS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? TERAPKAN ILMU: Siswa SMA double track jurusan kecantikan saat praktik merias pengantin atau calon wisudawan.
DINAS PENDIDIKAN PROV JATIM FOR JAWA POS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS TERAPKAN ILMU: Siswa SMA double track jurusan kecantikan saat praktik merias pengantin atau calon wisudawan.
 ?? DINAS PENDIDIKAN PROV JATIM FOR JAWA POS ?? SIAP KERJA: Para pelajar SMAN 1 Kandat, Kabupaten Kediri, yang telah menerapkan program double track.
DINAS PENDIDIKAN PROV JATIM FOR JAWA POS SIAP KERJA: Para pelajar SMAN 1 Kandat, Kabupaten Kediri, yang telah menerapkan program double track.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia