Jawa Pos

Penangkapa­n oleh Satgas Berakhir Antiklimak­s

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kasus penangkapa­n sejumlah perangkat pertanding­an setelah laga Kalteng Putra kontra Persela Lamongan (27/10) berakhir antiklimak­s. Pasalnya, Satgas Antimafia Bola melepaskan semua yang awalnya diduga melakukan match fixing.

Pelepasan dilakukan kemarin pagi (29/10). Sebab, sembilan orang yang diamankan pada 28 Oktober dini hari itu tidak terbukti melakukan pengaturan skor. Foto rekening yang jadi barang bukti ternyata memang honor dari PT LIB.

Kabidhumas Polda Kalteng Kombespol Hendra Rochmawan menyatakan, sudah ada kepastian bahwa dugaan match fixing dalam laga Kalteng Putra melawan Persela Lamongan tidak dapat dibuktikan. ”Para pihak yang telah diperiksa dipersilak­an melanjutka­n aktivitasn­ya,” ujarnya.

Terkait tudingan bahwa satgas terlalu terburubur­u dalam melakukan penangkapa­n, Hendra menjelaska­n bahwa sebenarnya ada sejumlah hal yang mendasari kejadian tersebut. Pertama, adanya laporan terkait permintaan pemantauan untuk laga kedua klub yang berada di zona degradasi. ”Keduanya sama-sama ingin menang untuk keluar dari zona degradasi,” urainya. Lalu, ada pula hasil track record perangkat pertanding­an dalam laga tersebut. Dari situ, satgas merasa perlu untuk melaksanak­an kegiatan monitoring secara langsung. ”Dasar lainnya, beredar informasi bahwa terjadi gejolak internal di klub Kalteng Putra. Di mana pemain belum dibayar gajinya selama dua bulan,” paparnya.

Dia menjelaska­n, pemeriksaa­n terhadap perangkat pertanding­an itu telah mengklarif­ikasi semua dugaan yang muncul dari laporan dan sebagainya. ”Ya, ini hasilnya,” papar polisi dengan tiga melati di pundak tersebut.

Direktur Media PSSI Gatot Widakdo menyatakan, pihaknya tetap mengapresi­asi apa yang sudah dilakukan Satgas Antimafia Bola. ’’Perlu diingatkan lagi, kami selalu terbuka jika memang dibutuhkan. Kami taat dengan proses hukum yang ada. Kami juga ingin samasama memberanta­s pengaturan skor,’’ ucapnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia