Jawa Pos

Jumlah Lowongan Lebih Banyak

-

SURABAYA, Jawa Pos – Formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Pemkot Surabaya tahun ini lebih banyak daripada rekrutmen sebelumnya. Pemerintah pusat memastikan Surabaya mendapatka­n alokasi 705 lowongan. Sebelumnya, hanya 433 formasi yang ditempatka­n di Pemkot Surabaya.

Dari jumlah formasi tersebut, tenaga pendidikan seperti guru menempati porsi paling besar. Yakni, 428 formasi. Berikutnya adalah tenaga kesehatan sebanyak 171 formasi dan tenaga teknis lain 106 formasi.

Kepala Badan Kepegawaia­n dan Diklat Kota Surabaya Mia Santi Dewi menuturkan, pihaknya akan mengumumka­n lebih detail CPNS itu setelah mendapatka­n petunjuk teknis dari pusat

J

Termasuk pembukaan pendaftara­n. ”Begitu semuanya sudah jelas, akan kami umumkan kepada publik,” ujarnya.

Sambil menunggu pengumuman yang lebih resmi, jelas Mia, masyarakat juga harus lebih berhati-hati saat memperoleh informasi mengenai CPNS. Sebab, bisa jadi bermuncula­n informasi yang kurang valid sehingga malah merugikan masyarakat. Selain itu, masyarakat harus mewaspadai orang-orang tak bertanggun­g jawab yang membuka layanan calo penerimaan PNS. ”Intinya, masyarakat perlu lebih berhatihat­i dan harus memastikan sumber-sumber informasi yang tepercaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti mengungkap­kan bahwa dewan bersama pemkot sudah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaa­n tes CPNS tahun depan. Awalnya, anggaran tersebut disediakan untuk tahun ini. Sebab, awalnya, tes itu diprediksi bisa terlaksana pada 2019. ”Jadi, nanti tinggal menggeserk­eperluanan­ggarannya,” ucapnya.

Anggaran gaji 705 PNS tersebut juga sudah disiapkan dalam APBD 2020. Dia menyatakan, anggaran gaji pegawai itu masuk belanja tidak langsung. ”Sudah diprediksi berapa yang pensiun dan tambahan 705 CPNS tersebut,” jelasnya.

Reni berharap pembukaan lowongan CPNS itu bisa dimanfaatk­an sebesar-besarnya oleh masyarakat Surabaya. Lantaran jumlah lowongan lebih banyak daripada sebelumnya, peluang untuk masuk tentu lebih terbuka. Untuk CPNS, tidak ada batasan khusus warga Surabaya. Asalkan warga negara Indonesia dan memenuhi semua persyarata­n, masyarakat bisa mendaftar sebagai CPNS.

”Saya berharap banyak warga Surabaya yang diterima. Apalagi, banyak peminat untuk posisi PNS di Surabaya ini. Sebab, kesejahter­aan terjamin. Mulai tunjangan kinerja hingga tunjangan lainnya,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia