Jawa Pos

Calon Diminta Aktif Jalin Koalisi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sudah ada sepuluh orang yang berminat mendaftar pilwali Surabaya di DPC Partai Gerindra. Mulai politikus hingga pebisnis. Kemarin (29/10) mantan anggota DPR Bambang Haryo turut mendaftark­an diri. Sebelumnya, pada 25 Oktober Bambang juga mendaftar di pilkada Sidoarjo.

Bambang mengambil formulir pendaftara­n sekitar pukul 14.00 di hadapan Ketua DPC Gerindra Surabaya B.F. Sutadi serta ketua tim penjaringa­n bacawali dan bacawawali Surabaya Bagiyon. Mereka menggelar diskusi internal lebih dulu sebelum mengambil formulir pendaftara­n.

Bambang juga menyatakan telah mengambil formulir pendaftara­n untuk pilkada Sidoarjo. Tetapi, dia pun berminat untuk ikut serta dalam pilwali Surabaya. Dia siap ditempatka­n oleh partai di Surabaya maupun Sidoarjo.

”Kemarin memang ada semacam petunjuk untuk ke arah Sidoarjo memang. Hanya, ini memang DPD Jatim mengingink­an kami ada di Surabaya. Saya tetap akan menjalanka­n perintah di partai,” jelasnya.

Dia mengaku sudah berkomunik­asi dengan sejumlah tokoh partai. Dengan jumlah lima kursi Gerindra di Surabaya, diperlukan minimal lima kursi lagi untuk bisa mengusung pasangan calon. Tetapi, dia yakin yang bergabung bisa 12 kursi. ’’Bahkan, nanti kalau bisa sampai 17 kursi. Sudah komunikasi dengan partai lain,’’ ucapnya.

Calon memang diminta berperan aktif mencari pasangan. Termasuk menjalin hubungan yang harmonis dengan partai lain. Sebab, selain PDIP, di Surabaya tak ada yang bisa mengusung sendiri, harus bergandeng­an tangan dengan partai lain.

Sutadi menuturkan, partai memilih berperan fleksibel dalam menjalin komunikasi dengan partai manapun. Bahkan, dengan PDI Perjuangan. Apalagi, sudah ada komunikasi yang bagus antara PDIP dan Gerindra di tingkat nasional.

”Saya secara spesifik sudah menawarkan dengan Pak Adi (ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijon­o, Red) dan Pak Baktiono (sekretaris DPC PDIP Surabaya Baktiono, Red) sebelum pelantikan dewan. Selain ngomong tentang alat kelengkapa­n dewan, ngobrol tentang pilwali,” jelasnya. Komunikasi yang harmonis juga dijalin dengan PKB. Mereka akan berkomunik­asi dengan PKS.

Perjalanan menuju pilwali memang masih lama. Gerindra membuat pendaftara­n hingga 15 November. Sementara itu, pengiriman berkas di DPP diperkirak­an pada Desember.

 ?? JUNEKA/JAWA POS ?? JAJAL PERUNTUNGA­N: Bambang Haryo (kanan) menyerahka­n formulir kepada B.F. Sutadi (tengah) di kantor DPC Gerindra kemarin.
JUNEKA/JAWA POS JAJAL PERUNTUNGA­N: Bambang Haryo (kanan) menyerahka­n formulir kepada B.F. Sutadi (tengah) di kantor DPC Gerindra kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia