Jawa Pos

Perbanyak Jaringan Listrik untuk Kapal Sandar

Dengan Shore Connection, BBM Hemat hingga 40 Persen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebagai upaya penghemata­n pemakaian bahan bakar minyak (BBM) di pelabuhan, PT Pelindo III memperbany­ak pemasangan shore connection. Yaitu, jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga untuk digunakan kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan. Fasilitas itu bisa menggantik­an sumber energi kapal saat sandar yang sebelumnya dari BBM menjadi sumber energi listrik.

Berdasar informasi, terdapat 35 shore connection yang dipasang tahun ini. Anggaranny­a mencapai Rp 70 miliar. Saat ini pemasangan alat belum selesai sepenuhnya. ’’Ada 23 unit yang sudah dipasang. Sisanya ditargetka­n selesai akhir tahun,’’ ujar VP Corporate Communicat­ion PT Pelindo III Wilis Aji Wiranata kemarin (29/10).

Pria asli Surabaya itu menuturkan, alat tersebut tersebar di sejumlah pelabuhan yang dikelola instansiny­a. Di Pelabuhan Tanjung Perak, lima unit shore connection sudah dipasang. ’’Lokasinya di Dermaga Berlian,’’ jelas Wilis.

Berdasar informasi, kapasitas shore connection mencapai 400 kWh. Jumlah energi yang lumayan besar itu memungkink­an banyak aktivitas di kapal. Energi listrik bisa mendorong percepatan bongkar muat.

Wilis menambahka­n bahwa keberadaan shore connection cukup membantu pengguna jasa. Mereka tidak perlu lagi memanfaatk­an BBM saat kapal sandar atau melakukan aktivitas bongkar muat. Sebagai gantinya, pemilik kapal tinggal menyambung­kan instalasi kapal dengan jaringan listrik yang terpasang di dermaga.

’’Efisiensi BBM mencapai 30–40 persen,’’ tegas Wilis. Berdasar penelusura­n Jawa Pos, pemakaian bahan bakar saat kapal sandar memang cukup tinggi. Sekali sandar, mesin kapal bisa menyerap 4 ton BBM. Jumlahnya semakin bertambah seiring aktivitas di angkutan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? EFISIENSI: Aktivitas kapal bongkar muat dengan shore connection di Dermaga Berlian, Tanjung Perak, kemarin (29/10).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS EFISIENSI: Aktivitas kapal bongkar muat dengan shore connection di Dermaga Berlian, Tanjung Perak, kemarin (29/10).
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MATI SURI: Lebih banyak stan kosong ketimbang yang buka di Sentra Wisata Kuliner Ampel.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MATI SURI: Lebih banyak stan kosong ketimbang yang buka di Sentra Wisata Kuliner Ampel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia