Jawa Pos

Gudang Plastik Ludes, Kerugian Ditaksir Rp 3 M

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Si jago merah kembali beraksi. Senin malam (28/10), gudang plastik di Desa Jemundo, Kecamatan Taman, ludes. Kerugian diperkirak­an Rp 3 miliar. Berbagai alat produksi dan mobil operasiona­l ludes karena dilalap si jago merah.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 20.30. Asap hitam dan lidah api muncul dari atap bangunan. ”Dari ruang produksi, api semakin cepat membesar,” ungkap Supriyadi, warga sekitar.

Di dalam gudang tersebut, terdapat berbagai bahan produksi. Di antaranya, gilingan plastik, biji plastik, dan mesin produksi. ”Api juga menyambar mobil operasiona­l Suzuki Ertiga yang berada di dekat ruangan tersebut,” tuturnya.

Pada saat terbakar, tidak ada aktivitas di pabrik. ”Sejak dua hari tidak beroperasi. Biasanya selalu ada penjaga yang bergantian,” katanya.

Sepuluh unit mobil PMK dikerahkan untuk menjinakka­n api. Objek yang sulit dijangkau sempat menjadi kendala bagi para petugas. ”Kawasan permukiman padat penduduk, khawatir api merambat,” ucap Komandan Peleton PMK Posko Buduran Eko Riyanto. Selain itu, di lokasi sekitar, tidak terdapat sumber air yang memadai.

Kapolsek Taman AKP Himawan Setiawan menambahka­n, pihaknya masih menyelidik­i peristiwa lebih lanjut. Diduga, ada hubungan arus pendek listrik. Sebab, selama beberapa hari terakhir, tidak ada aktivitas produksi di gudang tersebut. ”Kerugian ditaksir Rp 3 miliar,” ucap perwira dengan tiga balok di pundak itu.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada. Sebab, kondisi cuaca kering dan berangin membuat titik api mudah muncul. ”Periksa aliran listrik dan peralatan lain yang berpotensi terbakar. Terutama sebelum meninggalk­an rumah,” ucapnya.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? DIDUGA KORSLETING: Petugas PMK memadamkan api yang membakar gudang plastik di Desa Jemundo, Taman, Senin malam (28/10).
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS DIDUGA KORSLETING: Petugas PMK memadamkan api yang membakar gudang plastik di Desa Jemundo, Taman, Senin malam (28/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia