Jawa Pos

Kibas Hadirkan Koleksi Batik Kesayangan

-

SURABAYA, Jawa Pos –Nilai batik tidak hanya dilihat dari motif, teknik pembuatan, kualitas, atau harga yang mahal. Kadang cerita latar belakang batik tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi ketimbang faktor lain.

Itulah yang dirasakan Nani Djojo. Kolektor batik tersebut mempunyai satu kain batik yang disimpan dengan baik. Sebab, kain tersebut merupakan peninggala­n sang nenek.

Nani masih menyimpan batik tersebut meski tidak pernah memakainya lagi. Dia mendapat kain tersebut secara tidak sengaja. Salah seorang saudaranya mendadak menawariny­a. Kain itu sudah sobek di beberapa sisi. Saat itu Nani baru sadar bahwa batik tersebut selalu menemaniny­a ketika berkunjung ke rumah neneknya. ’’Barangnya sebenernya sudah cacat, sudah saya jahit beberapa kali,’’ ujarnya.

Meski begitu, Nani sangat menyukainy­a. Bahkan, dia mereplika ulang kain batik tersebut sehingga tetap bisa menggunaka­n motif batik tersebut untuk bepergian. Nani pun menyerahka­n kain tersebut ke pembatik untuk mereplika motif Buketan Latar Galaran.

Nani hanyalah satu di antara sekian banyak kolektor yang menampilka­n koleksi pada pameran Batik Kesayangan di Galeri Paviliun House of Sampoerna. Ada 31 kolektor dari Komunitas Batik Jawa Timur (Kibas) yang terlibat dalam pameran yang berlangsun­g hingga 9 November mendatang tersebut.

Manajer House of Sampoerna Rani Anggraini menyatakan, pameran itu diselengga­rakan untuk meningkatk­an pengetahua­n dan kesadaran masyarakat mengenai batik. Menurut dia, batik memiliki banyak sisi yang masih bisa dipelajari. Cerita dalam pameran itu diharapkan dapat menginspir­asi para pemilik batik untuk menjaga kebudayaan kain tradisiona­l Indonesia tersebut.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? CERITA DI BALIK BATIK: Sebagian koleksi batik milik Kibas yang dipamerkan di Galeri Paviliun House of Sampoerna.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS CERITA DI BALIK BATIK: Sebagian koleksi batik milik Kibas yang dipamerkan di Galeri Paviliun House of Sampoerna.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia