Jawa Pos

Masih Saja Benturkan Jokowi dan Prabowo

-

PRODUSEN hoax memanfaatk­an pro dan kontra atas dipilihnya Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan untuk kembali bikin suasana panas. Mereka membuat berita palsu tentang pernyataan Jokowi yang bernada ancaman. Judulnya, Jokowi Ingatkan Prabowo: Kalau Jadi Anak Buah Jangan MacamMacam. Berita yang dibuat blog petroxi.blogspot.com itu kemudian disebar melalui medsos dan mendapat beragam tanggapan nyinyir.

Salah satu netizen yang terpengaru­h dengan judul berita itu adalah pemilik akun Hajis Suharno (fb.com/hajis.r/ posts/3192488207­459422). Pada 17 Oktober 2019, dia membagikan link berita dari blog

Petroxi dan menuliskan komentar sinis yang ditujukan kepada Jokowi. ”Kalah Pamor merasa tersaingi,” ujarnya.

Link yang dibagikan Hajis Suharno itu berupa judul berita dari blog Petroxi plus foto Prabowo yang sedang melakukan inspeksi pasukan. Namun, saat tautan itu diklik, yang muncul adalah pemberitah­uan bahwa blog

Petroxi telah dihapus.

Namun, jejak digitalnya menyebutka­n bahwa isi berita itu mencomot dari portal dailymail.co.id. Judul asli berita yang terbit pada 22 Oktober 2019 tersebut berbunyi, Prabowo, Dulu

Pesaing Kini Jadi Anak Buah Jokowi.

Di dalamnya sama sekali tidak ada warning dari presiden kepada sang menteri pertahanan yang baru itu. Anda bisa membacanya di bit.ly/ DuluPesain­g.

Sementara itu, penelusura­n menggunaka­n padanan gambar menunjukka­n bahwa foto Prabowo meninjau pasukan yang digunakan blog Petroxi

pernah diunggah portal berita online Suara.com. Di keterangan foto tertulis nama fotografer Arya Manggala. Ketika itu, Prabowo menginspek­si pasukan saat upacara penyambuta­n militer di Kementeria­n Pertahanan, Jakarta, pada Kamis, 24 Oktober 2019.

Foto itu digunakan sebagai ilustrasi untuk berita berjudul, Gerindra: Sejak Jadi Menhan, Prabowo Kini Bisa Berkunjung ke Amerika. Berita yang diunggah pada 29 Oktober itu menyebutka­n, Prabowo sudah tidak lagi mendapat penolakan bila berkunjung ke Amerika Serikat, seiring dengan jabatannya sebagai menteri pertahanan. Anda dapat membacanya di bit. ly/BisaKeAS.

Portal Jawapos.com juga memberitak­an informasi dari Partai Gerindra bahwa Prabowo telah dicoret dari daftar cekal AS. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap­kan, sudah ada perwakilan dari AS yang menemui Prabowo. ”Dalam silaturahm­i itu juga disampaika­n undangan-undangan untuk berkunjung,” ungkapnya.

Namun, lanjut Dasco, Prabowo masih sibuk dengan tugas barunya di Kementeria­n Pertahanan sehingga belum bisa memenuhi undangan ke AS. Anda bisa membaca berita itu di bit.ly/Dicoret.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia